Home / Berita / 2.214 karya Peserta Diseleksi, 35 Karya Jurnalistik Raih Penghargaan AJP 2019

2.214 karya Peserta Diseleksi, 35 Karya Jurnalistik Raih Penghargaan AJP 2019

Setelah melalui proses seleksi yang ketat terhadap 2.214 karya peserta Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) 2019, baik dari cetak, online maupun elektronik akhirnya ditetapkan 35 pemenang dari 10 kategori yang diperlombakan. Para pemenang berhak mendapatkan hadiah uang tunai, piala dan piagam penghargaan.

Penentuan pemenang dilakukan melalui rapat pleno dewan juri yang berasal dari berbagai disiplin keilmuan meliputi praktisi komunikasi dan jurnalistik, akademisi, pengamat migas serta praktisi fotografi. Para pemenang terbagi dalam 10 Kategori yang diperlombakan yakni Hardnews Cetak, Feature Cetak, Feature Online/Siber, Feature Radio, Feature TV, Foto Essay, Foto Pilihan Juri, Berita Olahraga dan Berita CSR serta Kategori Best of The Best.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman menyatakan AJP 2019 disambut antusias oleh para jurnalis di tanah air, yang ditandai dengan keikutsertaan ribuan karya peserta AJP 2019 dari seluruh wilayah operasi Pertamina dari Aceh hingga Papua.

“Pemenang AJP 2019 juga memperlihatkan komposisi yang seimbang antara media nasional dengan media lokal. Hal ini menunjukkan, kualitas karya media lokal sudah menyamai kualitas media nasional,” ujar Fajriyah.

Para pemenang pada setiap kategori, lanjut Fajriyah, akan memperoleh hadiah uang tunai, piagam dan piala. Khusus pemenang Best of The Best, yang diraih jurnalis Kompas.id, Pertamina akan memberikan apresiasi khusus berupa kursus singkat jurnalistik di luar negeri. Hal ini sebagai bentuk edukasi Pertamina terhadap para jurnalis Indonesia agar terus meningkatkan wawasan dan skill jurnalistiknya, sehingga akan menghasilkan karya-karya yang semakin berkualitas.

“Kami mengucapkan selamat kepada seluruh pemenang AJP 2019 serta terima kasih kepada seluruh jurnalis yang telah berpartisipasi pada ajang terbesar tahunan ini. Semoga penghargaan ini dapat menjadi motivasi untuk terus berkarya yang lebih berkualitas lagi,” imbuh Fajriyah.

Ketua Dewan Juri AJP 2019 yang juga Ketua Dewan Pers, Mohammad Nuh menyatakan pemenang Best of The Best tahun ini berjudul “Bukan Gatot Kaca Mencari Energi untuk Negeri” karya jurnalis Kompas.id, Abdullah Fikri Ashri, merupakan karya jurnalistik yang  paling lengkap dengan penyajian fakta dan data yang komprehensif. Tulisan ini menyajikan tentang mengelola energi di dalam negeri.

“Leadnya langsung menggoda dengan sajian tentang kondisi lapangan minyak dengan peralatan pengeboran.  Penulisnya mampu mengaitkan tantangan di lapangan dengan sebuah tulisan tentang tokoh pewayangan Gatot Kaca di lokasi itu. Data dan faktanya cukup lengkap  dengan alur tulisan yang runtut. Dewan juripun kemudian sepakat menetapkan karya ini sebagai Best of the Best,” ujar Mohammad Nuh pada malam penganugerahan pemenang AJP 2019, di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, (13/12).

Dewan juri juga telah menetapkan juara untuk masing-masing kategori.

Kategori Hardnews Media Cetak diraih  Retno Ayuningtyas (Investor Daily) dengan karya berjudul “Pertamina Berpotensi Hemat US$ 500 Juta Per Tahun”. Kategori Feature Media Cetak diraih Yon Rizal Solihin (Harian Dumai Pos) dengan karya berjudul “BBN, Solusi Bernas Siasati Keterbatasan Energi Fosil dan Anjloknya Harga CPO“.

Adapun kategori Feature Radio diraih oleh Moh Henri Prasetiyo    (Elshinta Semarang) dengan karya berjudul “Kendaraan Listrik Life Style Transportasi Masa Depan”. Sementara untuk kategori Feature TV diraih Reza Helmi (Trans7) dengan judul karya “Swalayan Pertamina Digitalisasi SPBU.”

Pada kategori Foto Essay diarih oleh Akbar Nugroho Gumay (Antara Foto) dengan karya berjudul “Keadilan Energi Untuk Warga Pedalaman Papua”.  Kategori Publikasi Olahraga diraih Katherinus Harley Ikhsan (Liputan6.com) dengan karya berjudul “Olahraga, Rute Pertamina Menuju Pasar Internasional”. Sementara kategori Publikasi CSR diraih Aan Haryono (Sindonews.com) dengan karya “Memetik Madu Kehidupan di Tepian Sungai Jambangan”.

Adapun, karya berjudul “Bukan Gatot Kaca Mencari Energi Untuk Negeri” yang ditulis oleh Abdullah Fikri Ashri juga merupakan juara Kategori Features Online/Siber.

Sumber Pertamina, edit koranbumn

Check Also

Kerja Sama Kementerian ATR/BPN bersama PTPN III, Terkait Pendaftaran Tanah dan Penyelesaian Aset Tanah PTPN Grup

Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala BPN Sofyan Djalil bersama Plt. Direktur Utama PTPN III …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *