Home / Berita / 20 Tahun PNM (3) : Bisnis PNM

20 Tahun PNM (3) : Bisnis PNM

1. PNM UlaMM

“ULAMM DATANG, MODAL GAMPANG”

Pada Agustus 2008, PNM memperkenalkan inovasi layanan pinjaman modal untuk usaha mikro dan kecil dengan pembiayaan langsung bagi perorangan dan badan usaha melalui Unit Layanan Modal Mikro (PNM ULaMM). PNM ULaMM dilengkapi dengan pelatihan, jasa konsultasi, pendampingan, serta dukungan pengelolaan keuangan dan akses pasar bagi nasabah.

PNM ULaMM menjadi gerai layanan di bawah satu atap atau “One Stop Shopping” bagi para pengusaha mikro dan kecil, yang dilengkapi dengan berbagai dukungan teknis bagi peminjam. Tujuannya adalah membantu usaha mikro dan kecil agar terus berkembang sekaligus mempercepat kemajuan usahanya.

KENAPA PNM ULAMM?

JARINGAN LUAS
Penyebaran Kantor PNM ULaMM yang menjangkau wilayah di Indonesia.

LAYANAN PROFESIONAL
Dilayani oleh petugas yang profesional dibidangnya.

PEMBAYARAN ANGSURAN MUDAH
Dengan teknologi terkini yang memudahkan pembayaran angsuran.

DIBERIKAN PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN USAHA
Tidak hanya modal usaha, nasabah juga dipandu untuk menjadi pengusaha yang sukses dalam mengembangkan usahanya.

2. PNM Mekaar

“JUJUR, DISIPLIN, KERJA KERAS”

Seiring perkembangan usaha, pada tahun 2015, PNM meluncurkan layanan pinjaman modal untuk perempuan prasejahtera pelaku usaha Ultra mikro melalui program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (PNM Mekaar). PNM Mekaar dikuatkan dengan aktivitas pendampingan usaha dan dilakukan secara berkelompok.

NASABAH PNM MEKAAR

Pada dasarnya, nasabah PNM Mekaar memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam berusaha, namun terbatasnya akses pembiayaan modal kerja menyebabkan keterampilan berusaha mereka kurang termanfaatkan. Beberapa alasan keterbatasan akses tersebut meliputi kendala formalitas, skala usaha, dan ketiadaan agunan.

Oleh karena itu, PNM menerapkan sistem kelompok tanggung renteng yang diharapkan dapat menjembatani kesenjangan akses pembiayaan sehingga para nasabah mampu mengembangkan usaha dalam rangka menggapai cita-cita dan meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Manfaat yang disalurkan oleh PNM melalui layanan PNM Mekaar, meliputi:

Peningkatan pengelolaan keuangan;
Pembiayaan modal tanpa agunan;
Penanaman budaya menabung; dan
Kompetensi kewirausahaan dan pengembangan bisnis.

KRITERIA

Berikut kriteria yang wajib dipenuhi nasabah PNM Mekaar:

Layanan PNM Mekaar diperuntukan kepada perempuan prasejahtera pelaku usaha ultra mikro
Pembiayaan PNM Mekaar tidak mensyaratkan agunan fisik, melainkan bersifat tanggung renteng kelompok, dengan syarat kedisplinan untuk mengikuti proses Persiapan Pembiayaan dan Pertemuan Kelompok Mingguan (PKM);
Satu kelompok minimal terdiari dari 10 nasabah;
Setiap kelompok dipimpin oleh seorang ketua;
Pertemuan Kelompok Mingguan (PKM) wajib dilaksanakan satu kali dalam seminggu, sebagai kegiatan untuk membayar angsuran mingguan dan pembinaan usaha.

Pengembangan Kapasitas Usaha dan Pengembangan Kelompok
PNM selalu menghadirkan layanan yang optimal bagi nasabah, salah satunya dengan meluncurkan program Pengembangan Kapasitas Usaha dan Pengembangan Kelompok (PKU-PK) pada tahun 2010. Program PKU-PK bertujuan untuk memberikan pendampingan dan pembinaan kepada pelaku usaha ultra mikro, mikro dan kecil yang merupakan nasabah binaan PNM.

JENIS KEGIATAN USAHA DALAM CAKUPAN PKU-PK ADALAH SEBAGAI BERIKUT:

Pelatihan Nasabah PNM ULaMM
Merupakan program pelatihan yang dikhususkan bagi para nasabah PNM ULaMM. Program pelatihan ini dilakukan di seluruh kantor cabang PNM di Indonesia.

Pembinaan Klaster
Merupakan program pembinaan nasabah yang dilakukan melalui pola klasterisasi/pengelompokan. Klaster ditentukan berdasarkan jenis usaha dan lokasi nasabah. Program ini mencakup pelatihan dan pendampingan di berbagai aspek, di antaranya: keuangan, produksi, pemasaran, dan kelembagaan. Pembinaan Klaster diperuntukan kepada nasabah PNM ULaMM maupun PNM Mekaar.
Pendampingan Nasabah PNM Mekaar
Merupakan program pendampingan yang dikhususkan bagi para nasabah PNM Mekaar. Program pendampingan ini dilakukan di seluruh kantor cabang PNM Mekaar di Indonesia.

Jasa Manajemen
Perseroan memiliki dua aktivitas Jasa Manajemen, yaitu Jasa Manajemen untuk penguatan lembaga keuangan dan sektor riil. Selain itu Jasa Manajemen PNM memiliki program Kemitraan berupa penyaluran dana kemitraan yang ditujukan kepada pelaku UMKM.

3. PROGRAM KEMITRAAN

Sebagai bentuk komitmen PNM dalam mendorong pemberdayaan UMKM di Indonesia, PNM memiliki Program Kemitraan berupa penyaluran dana kemitraan yang ditujukan kepada UMKM.

Keberhasilan PNM dalam menjalankan program ini membuka peluang baru bagi pertumbuhan Perseroan. Kini, Perseroan dipercaya untuk menyelenggarakan Program Kemitraan dari sederet perusahaan terkemuka, seperti PT Kereta Api Indonesia (Persero), PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, dan PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Perseroan juga bekerja sama dengan Deustche Gesellschaft Fur Internationale Zusammenarbeit (GIZ) dalam pengelolaan trustfund.

Check Also

MA Lantik Lima Calon Anggota BPK Periode 2019-2024

Mahkamah Agung (MA) akan melantik lima anggota Badan Pemeriksa Keuangan yang sebelumnya telah menjalani serangkaian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *