Home / Berita / 23 Siswa Provinsi Kepri Lulus Ikuti Program Siswa Mengenal Nusantara dari Wilayah Provinsi Kepulauan Riau

23 Siswa Provinsi Kepri Lulus Ikuti Program Siswa Mengenal Nusantara dari Wilayah Provinsi Kepulauan Riau

Sebanyak 23 orang siswa SMA/SMK dan SLB dari kabupaten/kota yang ada di Provinsi Kepulauan Riau telah dinyatakan lulus sebagai peserta Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) yang dilaksanakan oleh PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 bersama AirNav Indonesia dan Persero Batam. Para siswa ini telah melewati proses seleksi yang diikuti perwakilan siswa/i dari seluruh SMA/SMK Negeri di Provinsi Kepulauan Riau, yang pelaksanaannya telah dilakukan pada tanggal 18 dan 19 Juli 2019 bertempat di SMKN 2 Tanjung Pinang dan di SMKN 2 Batam Centre.

Para siswa ini merupakan siswa kelas XI yang terdiri dari 20 orang siswa SMA/SMK dan 3 orang siswa penyandang disabilitas. Mereka dipilih berdasarkan performa akademik yang baik dan aktif berorganisasi, namun berasal dari keluarga kurang mampu.

Pelindo 1 bersama AirNav Indonesia dan Persero Batam akan mengirimkan 23 orang siswa ini ke Tarakan, Kalimantan Utara pada Selasa, 13 Agustus 2019. Sebelum berangkat ke Tarakan, para siswa/i ini akan diberikan pembekalan untuk mengikuti Program SMN di Kalimantan Utara, pada hari Senin tanggal 12 Agustus 2019 di Tanjungpinang.

Program SMN ini merupakan program pertukaran pelajar yang menjadi bagian dari kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN, dan difasilitasi oleh BUMN yang ada di Indonesia, dimana diberikan kesempatan kepada siswa/i SMU/SMK/SLB kelas XI pada setiap provinsi, dan mereka dikirimkan ke provinsi lainnya selama satu minggu, agar saling mengenal keanekaragaman budaya maupun kekayaan alam provinsi lain.

Program ini bertujuan untuk menanamkan rasa bangga sebagai bangsa yang memiliki keragaman kekayaan nusantara. Melalui pertukaran informasi dan pengalaman secara langsung, para siswa diharapkan dapat lebih memahami berbagai karakteristik budaya bangsa. Dan kegiatan ini akan memuat program tentang pengetahuan baik dari sisi kebudayaan, kewirausahaan dan pendidikan. Para siswa/i ini adalah calon pemimpin masa depan dan kami berharap bahwa dengan program ini, mereka dapat memandang bahwa Indonesia sangat luas dan penuh dengan keberagaman, serta sekaligus semakin mencintai Indonesia,” jelas Fiona Sari Utami, VP Public Relations Pelindo 1.

Para siswa/i yang diberangkatkan ke Provinsi Kalimantan Utara ini, akan berada disana selama seminggu, terhitung mulai tanggal 13 – 21 Agustus 2019. Selain 23 siswa, rombongan juga akan didampingi oleh perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Guru prestasi dari Provinsi Kepulauan Riau.

Sumber Pelindo I, edit koranbumn

Check Also

Manajemen & Redaksi KORANBUMN.com Mengucapkan Selamat Hari Jadi Dok Perkapalan Surabaya yang ke-109

Manajemen & Redaksi KORANBUMN.com Mengucapkan Selamat Hari Jadi Dok Perkapalan Surabaya yang ke-109 22 September …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *