Home / Berita / Siaga dan Sigap Darurat, Pertamina EP Latihan Penanggulangan Kebakaran

Siaga dan Sigap Darurat, Pertamina EP Latihan Penanggulangan Kebakaran

PT Pertamina EP (PEP) Asset 1 Pangkalan Susu Field kembali mengadakan latihan penanganan keadaan darurat, pada Kamis (28/3/2019). Pelatihan yang melibatkan insan PEP Pangkala Susu Field tersebut diskenariokan ada kebakaran pada electric transfer pump ketika proses crude oil loading dari tank truck ke ground tank dan pemompaan dari ground tank ke Tangki 28.

Anggota tim bersemangat mengikuti arahan para instruktur, saling koordinasi dan membentuk tim yang solid, melemparkan dan menggulung selang nozzle yang akan dialiri air dan disemprotkan dengan tekanan tinggi ke arah api yang berkobar seolah sedang berusaha memadamkan api yang berkobar di Ground Tank No. 3 yang terbakar.

Menurut Pjs Pangkalan Susu Field Manager Aminul Karim,  pelatihan rutin penanggulangan bahaya kebakaran (fire drill) dilaksanakan oleh HSSE Field Pangkalan Susu ditujukan bukan hanya pada Tim Regu Bantuan OPKD namun  juga kepada para operator SP/SK untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan serta kerja sama para  personil yang tergabung pada Tim Regu Bantuan OPKD maupun para operator di lapangan.

“Latihan ini bertujuan untuk melihat kesiapan tim-tim yang terlibat dalam penanganan keadaan darurat, baik itu Tim Operasi Keadaan Darurat (TOKD), Tim Penunjang Keadaan Darurat (TPKD), Tim Pemulihan Keadaan Darurat (TPKD) dan nantinya Tim Investigasi Keadaan Darurat (TIKD),” ujar Aminul Karim.

Aminul Karim berharap, hal-hal yang sudah tepat untuk dilakukan agar dipertahankan. “Hal-hal yang kurang harus diperbaiki agar kita benar-benar siap dalam menghadapi risiko yang muncul,” tegasnya

Sumber Pertamina, edit koranbumn

Check Also

Pujasera di Rest Area Jagorawi Kompak Beralih Gunakan Tabung LPG Pink

Pertamina targetkan 65 tabung LPG (Liquefied Petroleoum Gas) Bright Gas akan digunakan oleh pengusaha kuliner …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *