Home / Berita / 3,3 Juta Pemudik Diprediksi Gunakan Jalan Tol

3,3 Juta Pemudik Diprediksi Gunakan Jalan Tol

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memprediksi jumlah pemudik Lebaran 2019 bakal mencapai 8,44 juta orang. Angka ini terdiri dari 3,76 juta pemudik menggunakan mobil pribadi dan 4,68 juta pemudik menggunakan bus. Dari jumlah tersebut 40 persen di antaranya akan menggunakan jalan tol.

“Kalau dari data litbang Kementerian Perhubungan, 40 persen akan gunakan jalan tol, kira-kira 3,376 juta pemudik selama periode lebaran,” ungkap Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit di Gedung Bina Marga, Kementerian PUPR, Jakarta, Senin (22/4).

Menurut Danang berdasarkan analisis yang telah dilakukan, puncak arus mudik akan terjadi pada 31 Mei 2019. Pada hari tersebut diperkirakan sebanyak 640 ribu pemudik akan menggunakan jalan tol. Sedangkan akumulasi pemudik saat arus balik pada 9 Juni 2019 diperkirakan lebih tinggi yaitu sebanyak 750 ribu pemudik.

Sedangkan untuk jam puncak, jumlah kendaraan akan naik 16 persen dari total harian. Pada jam puncak saat arus mudik, Danang memperkirakan bakal ada 102 ribu kendaraan di semua ruas tol. Sedangkan pada jam puncak saat arus balik diprediksi sebanyak 120 ribu kendaraan.

“Arus balik akan lebih macet ketimbang arus mudik,” tambahnya.

Berdasarkan analisis tersebut, Danang berkomitmen bahwa pihaknya akan memberikan fokus perhatian yang lebih besar pada arus balik. Alasannya, pertama, jarak hari raya dengan periode masuk kerja lebih pendek. Kedua, faktor kelelahan juga biasanya lebih tinggi saat arus balik.

“Tahun-tahun sebelumnya perhatian kita pada saat mudik, sekarang pada saat arus balik. Akumulasi arus balik lebih banyak, 750 ribu. Kelelahan juga lebih tinggi,” tandasnya.

Sumber Bisnis, edit koranbumn

Check Also

Indonesia Minim Sampah Plastik, IIKK TWC Buka Kegiatan Belajar Pengenalan Sampah Plastik

Ketua Ikatan Istri Karyawan-Karyawati (IIKK) PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *