Home / Info Produk BUMN / 36 Tahun Pindad (5) : Produk Tempa Cor & Alat Perkeretaapian, Alat Berat

36 Tahun Pindad (5) : Produk Tempa Cor & Alat Perkeretaapian, Alat Berat

Tempa Cor

PT. PINDAD (Persero) sebagai salah satu dari 140 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sektor Industri Pengolahan, yang memproduksi alutsista TNI dan peralatan industri. Divisi Tempa dan Cor merupakan bagian dari bisnis PT. Pindad (Persero) yang bertujuan selain mendukung produksi unit usaha internal PT. Pindad (Persero) juga untuk memenuhi permintaan dan mendukung pasar lokal maupun ekspor dalam bidang jasa pengecoran logam dan jasa tempa, serta mendukung pembangunan infrastruktur perkeretaapian Indonesia melalui produk-produk prasarana kereta api.

Produk-produk yang dihasilkan dari jasa pengecoran logam, jasa tempa dan produk prasarana kereta api diproduksi dengan mengedepankan kualitas berdasarkan standar internasional maupun nasional dan disertai jaminan mutu produk.

Perkeretaapian

PT Pindad (Persero) mengawali bisnis dalam bidang Sarana dan Prasarana Kereta Api pada tahun 1983 dan mulai berproduksi pada tahun 1984 dengan memproduksi alat penambat rel tipe DE-Clips (DE-Clips Rail Fastener) yang merupakan lisensi dari Hollandia Kloos dan Ewem AG.

Pada tanggal 23 September 1997 Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Antara PT. Pindad dan PT. KA yang diwakili oleh Dirut Pindad, Budi Santoso dan Dirut Perumka, Soemino Eko Saputro yang menghasilkan litbang untuk produk alat penambat rel tipe KA-Clip dan hak kepemilikan PT. Kereta Api Indonesia (Persero). PT. Pindad (Persero) patent no ID 0 007 930 pada 19 April 2000 dikeluarkanlah ijin penggunaan KA-Clip dari Dirjen Perkeretaapian Departemen Perhubungan untuk digunakan pada proyek dilingkungan Direktorat Jenderal Perkeretaapian maupun di wilayah kerja PT. Kereta api Indonesia (Persero)

Pada Januari 2008 pengembangan dilakukan kembali dengan memproduksi alat penambat rel type e-Clip kemudian dilakukan test track dan pada 2010 ijin penggunaan pengesahan dan rekomendasi pemakaian dari Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementeriam Perhubungan No. KA.405/SK.10/DJKA/II/10

Alat Penambat Rel (Rail fastener) produksi PT Pindad (Persero) sangat kompetitif serta dengan jaminan kualitas pekerjaan yang tinggi dimana dalam proses produksi kami menggunakan Standar Iinternational maupun National seperti AREMA/AREA Standard, SNI Standar, serta didukung oleh sumber daya manusia yang telah berpengalaman dengan kemampuan dan keahlian yang sudah teruji.

Kualitas hasil produksi yang bermutu tinggi dan kepuasan pelanggan dalam menggunakan produk yang kami hasilkan. merupakan tujuan bisnis Pindad. Dengan semangat dan keyakinan yang tinggi kami selalu siap bekerja keras untuk mengembangkan keahlian dan teknologi yang dimiliki agar dapat menawarkan solusi terbaik bagi pelanggan maupun pengguna produk prasarana dan sarana Kereta Api kami.

Alat Berat

Divisi Alat Berat PT Pindad (Persero) adalah divisi yang menghasilkan produk-produk pendukung industri konstruksi, pertambangan, perkapalan, kelistrikan, dan pertanian. Produk dan jasa yang kami sediakan antara lain :

Alat Berat
Mesin Listrik
Alat & Peralatan Kapal Laut (APKL)
Alat & Mesin Pertanian (Alsintan)
Jasa Permesinan

Melalui transformasi kompetensi pada produk pertahanan yaitu sistem hydraulic dan roda rantai, PT Pindad menciptakan produk alat berat dengan merek Excava 200 yang memiliki kapasitas beban sebesar 20 Ton.

Produk mesin listrik yang dihasilkan PT. Pindad meliputi generator dengan kapasitas sampai 15 MW, motor listrik yang terdiri dari produk motor traksi yang digunakan di kereta api listrik‚ motor magnet permanen, serta jasa perbaikan motor listrik. Produk mesin listrik PT Pindad telah digunakan di sebagian besar pembangkit listrik di Indonesia.

Produk Peralatan Kapal Laut bermula dari kerjasama yang didirikan bersama Hatlapa. Pindad telah mengembangkan berbagai produk peralatan kapal laut sejak tahun 1991 hingga saat ini dengan merek PinMarine. Dengan dukungan Sumber Daya Manusia, sistem produksi dan kualitas kontrol yang baik, PinMarine mampu menghasilkan produk berkualitas dan kompetitif, serta memenuhi persyaratan klasifikasi Nasional & Internasional, seperti BKI, LR, ClassNK, BV, RINA, GL, ABS, dan lain-lain.

Untuk mendukung sektor pertanian di Indonesia, PT Pindad bekerja sama dengan Kementerian Pertanian memproduksi alat dan mesin pertanian (alsintan) antara lain traktor roda empat (multiguna), rota tanam, dan combine multikomoditas.

Jasa pemesinan didukung fasilitas mesin bubut horizontal dengan kapasitas hingga 6 meter, bubut vertikal hingga diameter 3 meter, double column‚ milling machine‚ dengan kapasitas hingga diatas 2 x 4 meter yang dioperasikan secara komputerisasi (CNC)

Sumber Pindad, edit koranbumn

Check Also

Sudah Tembus 10.000 Aplikasi, Pengajuan KPR BNI Secara Online

 Perbankan terus melakukan inovasi layanan dengan berbasis digital sejalan dengan perkembangan teknologi. Inovasi tersebut tak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *