Home / Kinerja & Investasi / 38 Mahasiswa Magang Bersertifikat Bersama Pelindo III

38 Mahasiswa Magang Bersertifikat Bersama Pelindo III

PT Pelabuhan Indonesia III bersama Kementerian BUMN menggelar program sebuah kegiatan bertajuk “Program Magang Mahasiswa Bersertifikat”. Program kerjasama Pelindo III bersama BUMN Hadir Untuk negeri ini secara resmi dibuka oleh Direktur SDM Pelindo III Toto Heli Yanto pada Selasa (13/11/2018) di Surabaya North Quay, Pelabuhan Tanjung Perak.

Toto menyebut program magang bersertifikat ini merupakan implementasi bagi pengelola dan praktisi Manajemen Human Capital di lingkungan BUMN untuk meningkatkan kompetensi anak bangsa agar tercipta SDM unggul. “Kedepannya nanti diharapkan pendidikan di PTN/S dapat selaras dengan kebutuhan kompetesi di BUMN,” tuturnya.

Sebanyak 38 peserta magang yang berasal dari mahasiswa perguruan tinggi negeri maupun swasta yang akan belajar dan menimba ilmu selama enam bulan. Mereka dipilih sebagai kandidat yang memenuhi syarat dari Universitas Airlangga, PENS, ITS, Poltekkes, UIN Sunan Ampel, PPNS dan STIAMAK (Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi dan Manajemen Kepelabuhanan) Barunawati.

Sebanyak 21 orang dari 38 peserta magang ini juga merupakan mahasiswa ‘Genmas’ atau Generasi Emas. Genmas adalah mahasiswa Penerima beasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dari Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Mereka mendapat kesempatan mengikuti program magang bersertifikat atau praja abdi karya di PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III, seperti peserta lainnya.

Kepala Dispendik Surabaya Ikhsan, yang juga ikut membuka kegiatan ini mengaku bergembira atas dimulainya program pemagangan bersertifikat ini. Apalagi, di dalam terdapat 21 lulusan mahasiswa berprestasi penerima beasiswa PTN dari Pemkot Surabaya.

“Semoga saat magang nanti bisa berprestasi dan dapat langsung direkrut kerja oleh PT Pelindo III serta anak-anak perusahaannya,” ungkap Ikhsan.

Ke depannya, lanjut Ikhsan, kerja sama ini diharapkan bukan hanya untuk lulusan perguruan tinggi. Melainkan juga diberikan kepada mahasiswa-mahasiswa yang sedang berkuliah. Dengan begitu, akan memberikan semangat tersendiri bagi mahasiswa Genmas. “Mudah-mudahan kerja samanya diperluas ke mahasiswa yang masih aktif,” tambahnya.

Kegiatan magang ini meliputi, belajar seluk beluk aktifitas Pelayanan Jasa Kepelabuhanan, Sistem Teknologi Informasi, Keuangan, Teknik, Sumber Daya Manusia, Komersial, Publik Relations, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Risk Manajemen, Lingkungan Hidup hingga Administrasi Perkantoran di anak, cucu, dan regional PT Pelindo III. Sebelum magang dimulai, 38 peserta ini mendapat pendalaman dan pemantapan dari instruktur selama 4 hari.

“Tentunya kami sangat mendukung program seperti ini dan berharap melalui cara seperti ini dapat menciptakan generasi penerus bangsa yang unggul, memiliki daya saing tinggi sehingga dapat membangun bangsa dan negara dalam menghadapi ketatnya persaingan  global. Tujuannya tak lain adalah menghadirkan sinergi melalui BUMN Hadir Untuk Negeri, menciptakan SDM yang berjiwa entrepreneur sesuai dengan kebutuhan industri,” jelas Toto.

Sementara itu, VP Corporate Communication Pelindo III R. Suryo Khasabu menjelaskan bahwa para pemagang diberikan kesempatan untuk menyalurkan potensi yang dimilikinya serta menggali pengalaman yang berharga di lingkungan BUMN.

“Dengan adanya program ini mereka bisa mengetahui dan memahami dunia kerja sekaligus sebagai wadah bagi para praktisi untuk transfer knowledge kepada para mahasiswa calon tenaga profesional muda,” imbuhnya.

Dalam program pemagang tersebut akan dibagi beberapa kelompok pemagangan dan akan disebar di beberapa wilayah kerja kepelabuhanan Pelindo III, khususnya di Wilayah Regional Jawa Timur.

“Dalam proses pemagangan, peserta akan mendapatkan bimbingan dari mentor serta monitoring dan evaluasi secara berkala. Setelah magang enam bulan peserta nantinya akan memperoleh sertifikat industri dari Pelindo III,” jelas Suryo.

Pelindo III mengusung konsep “Praja Abdi Karya” untuk pelaksanaan program pemagangan bersertifikat tersebut dengan harapan para pemagang bisa mendapatkan ilmu dan pengalaman yang menjadi sinar untuk generasi millenial agar selalu membangun negeri yang berpegangan teguh atas Customer Focus, Care, dan Integrity sesuai dengan budaya perusahaan yang telah diterapkan Pelindo III.

Salah satu peserta program magang bersertifikat Dwi Kurnia Rahma Putri Asih dari STIAMAK Barunawati mengaku senang mengikuti program magang ini karena diberikan kesempatan untuk mengenal lebih jauh tentang dunia kepelabuhanan. “Ia berharap selain mendapatkan sertifikat untuk melamar pekerjaan, nantinya ia dapat bekerja di anak cucu perusahaan Pelindo III,” pungkasnya.

Sumber pelindoIII/beritajatim.com

Check Also

Kerjasama Sucofindo-SIER Resmikan Pusat Logistik Berikat di SIER

PT SUCOFINDO (Persero) bekerja sama dengan PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) membuka Pusat Logistik …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *