Home / Berita / 65 Ribu Pekerja BUMN dan Keluarga Hadir Perayaan HUT BUMN Ke-21 di Stadion Delta Sidoarjo

65 Ribu Pekerja BUMN dan Keluarga Hadir Perayaan HUT BUMN Ke-21 di Stadion Delta Sidoarjo

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) hari ini mengadakan perayaan HUT ke-21 dengan acara senam sehat di GOR Delta, Sidoarjo, Jawa Timur. Menteri BUMN Rini M Soemarno turut hadir dalam acara tersebut.

Acara yang diikuti oleh 65 ribu pegawai BUMN beserta keluarganya ini dimulai dengan senam sehat bersama. Selain itu di acara, turut mempromosikan aplikasi LinkAja.

LinkAja merupakan layanan teknologi finansial (fintech) besutan Telkom, BRI, BNI, Mandiri, dan BTN. LinkAja menjadi alternatif pembayaran cashless berbasis QR code yang terpercaya bagi masyarakat.

Karena mampu mengintegrasikan layanan uang digital dari 4 bank negara dan T-cash pengguna Telkomsel, operator seluler terbesar di Indonesia.

“Alhamdulillah pagi ini kita dapat berkumpul di sini untuk merayakan HUT ke-21 BUMN sekaligus mempromosikan aplikasi yang kita miliki yaitu LinkAja,” kata Menteri Rini.

“Semuanya sudah punya LinkAja? Ayo harus punya. Tadi absensi kehadiran juga pakai LinkAjakan? Saya harap dengan hadirnya LinkAja bisa memberikan kemudahan bagi kita semua yang hadir di sini terutama masyarakat Indonesia apabila hendak berbelanja di mana pun,” lanjut Menteri Rini.

Selain itu, Menteri Rini ingin di HUT ke-21 ini, BUMN semakin maju dan terus tumbuh dan berkembang.

Kemudian dalam rangka menyambut dan memeriahkan HUT ke-21, Kementerian BUMN bersama seluruh perusahaan BUMN menggelar sejumlah kegiatan sosial dan edukatif yang menarik sepanjang Maret – April 2019. Kegiatan ini memiliki makna BUMN senantiasa memberikan kontribusi nyata yang sebesar-besarnya untuk negeri, di samping terus mendorong dirinya untuk menjadi pemain tingkat regional.

Beberapa kegiatan sosial dan edukasi yang telah dilakukan, antara lain program BUMN Goes to Campus di perguruan tinggi Indonesia, Pangan Murah untuk Rakyat, serta Bersih-bersih Kampung Sehat di berbagai penjuru daerah.

Selain itu, melalui program BUMN Goes to Campus telah melibatkan 27 BUMN serta 30.000 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di berbagai wilayah Indonesia, seperti Karawang, Riau, Tasikmalaya, Lampung, dan Padang.

Program ini memuat agenda seperti CEO Talks, Kelas Kreatif, Magang & Vokasi Bersertifikasi untuk 10 ribu mahasiswa, dan perekrutan bersama BUMN untuk 11 ribu orang.

BUMN Beri Penghargaan ke Karyawan Inspiratif Tahun 2019

Menteri Rini pada kesempatan ini juga memberikan penghargaan ke 8 karyawan dari berbagai macam BUMN. Karyawan itu berasal dari PT Pegadaian (Persero) Tbk, PT Petrokimia Gresik (Persero) Tbk, PT Perkebunan Nusantara XII (Persero) Tbk, dan PT Surveyor Indonesia (Persero) Tbk.

Kemudian ada pula di PT Kimia Farma (Persero) Tbk, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, PT P,.ertamina (Persero) Tbk, dan PT Telkom (Persero) Tbk.

Dari PT Pegadaian (Persero) ada Taufan el Savir yang bekerja di Divisi Jaringan Operasional. Dia menyumbangkan ide yang bermanfaat dalam pengembangan perusahaan seperti membuat aplikasi SMS Blast, salah satu kreator the Gade Coffee & Gold hingga masuk ke Istana Presiden.

Lalu PT Petrokimia Gresik ada Mahindra Drajat Utomo dari Departemen Proses & Pengelolaan Energi. Dia bersama tim menciptakan inovasi “Kalibrator Wettest Meter yang Terakreditasi KAN” yang memberikan kontribusi Rp5 miliar rupiah pendapatan tambahan kepada perusahaan setiap tahunnya.

Selanjutnya PT Perkebunan Nusantara XII (Persero) ada Subahan yang merupakan pembantu mandor di Kabupaten Banjarsari. Ia menghasilkan inovasi modifikasi pisau sadap dengan stopper sebagai jawaban permasalahan manajemen sadap.

Pisau sadap ini mampu mengatasi luka kayu yang sering terjadi dan dapat mengatur ketebalan irisan sadap. Saat ini hasil modifikasinya dipakai juga oleh rekan-rekan lain. Selanjutnya PT Surveyor Indonesia (Persero) ada Rahmadani dari Tim Project Kargo Monitoring.

Rahmadani Berhasil menghindarkan kapal dari kerugian yang lebih besar akibat overflow tangki, dan segera meminta penghentian proses discharge dari kapal. Kemudian dari PT Kimia Farma (Persero) Tbk ada Arifin Satria Ajinusa, Pelaksana Bisnis Intelijen & Analisa Data.

Banyak aplikasi yang diciptakan dan dibangun atas prakarsa saudara Aji yang salah satunya dalam ajang Innovation Award. Beberapa aplikasi yang sedang dikerjakan antara lain pengembangan sistem registrasi master data SAP.

Terakhir ada Widya Intan Noviyanita dari Consumer Loan Service BTN, Anggardi Reza Maulana dari pekerja Domestik Gas MOR Pertamina, dan Heru Witono yang merupakan TKN Catu Daya di Network Area Telkom yang menerima penghargaan dari Menteri Rini.

Sumber KementerianBUMN, edit koranbumn

Check Also

Komitmen Telkom Indonesia Hadirkan Konektivitas dan Digitalisasi Hingga Wilayah 3T, Indihome Kini Hadir di Pulau Rote

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) berkomitmen untuk selalu ada dan berkontribusi menghadirkan konektivitas di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *