Home / Berita / Peringati HUT Kemerdekaan RI, ITDC Peduli LOMBOK

Peringati HUT Kemerdekaan RI, ITDC Peduli LOMBOK

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation/ITDC, BUMN pengembang kawasan pariwisata the Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 dengan rangkaian kegiatan yang menunjukkan kepedulian Perusahaan terhadap masyarakat Lombok, khususnya bagi mereka yang terdampak oleh bencana gempa.  Rangkaian kegiatan tersebut juga menjadi bagian dari program BUMN Hadir Untuk Negeri 2018 di Provinsi NTB.

Rangkaian kegiatan terdiri dari pemberian beasiswa, pemberian bantuan kebutuhan dasar berupa penyediaan sarana air bersih, dan pemberian bantuan bagi korban bencana gempa Lombok.

Pemberian beasiswa dilakukan secara simbolis oleh Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer, di tengah Upacara Peringatan HUT RI ke-73 di Terminal Gili Mas Lombok, yang diselenggarakan oleh sinergi ITDC dan Pelindo 3, BUMN yang dipercayakan untuk melaksanakan program BHUN di Provinsi NTB pada tahun ini.  Total beasiswa dari ITDC adalah Rp 75.000.000,00 yang diberikan kepada kepada lima belas siswa dari Kabupaten Lombok Tengah, dengan masing-masing anak mendapat Rp 5 juta untuk jangka waktu satu tahun.

Sedangkan bantuan kebutuhan dasar berupa penyediaan sarana air bersih diberikan ITDC untuk dua desa di Kabupaten Lombok Tengah.  Penyerahan bantuan pertama untuk Desa Mertak,  dilakukan secara simbolis pada Upacara yang sama, sedangkan bantuan kedua untuk Desa Sukadana, dilakukan secara langsung di lokasi sumur bor di Desa Sukadana. Kedua bantuan diserahkan oleh Abdulbar M. Mansoer dan diterima oleh para perwakilan desa.  Khusus untuk Desa Sukadana, bantuan sarana air bersih yang diberikan akan mampu mencukupi kebutuhan kurang lebih 400 KK yang berasal dari empat dusun yaitu Dusun Sande, Dusun Lambing, Dusun Pengeling, dan Dusun Pengeling-Eling.

Sementara penyerahan bantuan bagi korban bencana gempa bumi Lombok, dilakukan secara simbolis hari ini di lokasi Posko Tanggap Darurat Desa Jeringo.  Penyerahan secara simbolis ini melengkapi bantuan-bantuan yang telah dikerahkan oleh ITDC di Desa Jeringo selama ini, yaitu bantuan pendirian sarana umum seperti dapur umum, MCK, mushola, tempat bermain dan belajar anak-anak, instalasi air bersih, serta pasokan kebutuhan logistik dan alat-alat kebersihan.  Selain itu, sebagai penanggung jawab posko bencana di Desa Jeringo, ITDC juga secara rutin menjalankan kegiatan trauma healing bagi anak-anak, berupa kegiatan bermain, belajar, dan mengaji bersama, bekerja sama dengan Kepala PAUD Desa Jeringo.  Tidak hanya dari BUMN lain, ITDC juga menggalang bantuan dari investor dan stakeholder di kawasan the Mandalika untuk bersama-sama menyalurkan bantuan ke Desa Jeringo,

Abdulbar M. Mansoer mengatakan, ”Sebagai BUMN yang hadir di Lombok melalui pembangunan kawasan pariwisata the Mandalika, ITDC memiliki komitmen untuk terus menunjukkan kepedulian terhadap masyarakat di Lombok.  Kami berharap bantuan-bantuan yang telah dan akan diberikan dapat membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak oleh bencana gempa dan mendoakan agar Lombok segera pulih dan bangkit.”.

Abdulbar juga berharap agar pemberian bantuan beasiswa dan sarana air bersih dari ITDC dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Lombok Tengah di bidang pendidikan dan kebutuhan dasar, sehingga dapat mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat, sesuai dengan tujuan pelaksanaan progam BUMN Hadir Untuk Negeri.

Sumber Situs Web ITDC

Check Also

Bandara APT Pranoto Samarinda Siap Beroperasi Kembali

Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto Samarinda, Kalimantan Timur, dijadwalkan kembali dioperasikan pada Senin (16/12/2019) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *