Home / Berita / Adhi Karya Menggunakan Mini Gantry Crane dalam Pekerjaan Pemasangan Rel LRT

Adhi Karya Menggunakan Mini Gantry Crane dalam Pekerjaan Pemasangan Rel LRT

Proyek LRT Jabodebek memasuki tahap pekerjaan pemasangan rel LRT. Proses pengangkatan atau peletakan rel LRT saat dipasangkan, ADHI menggunakan mini gantry crane dalam pekerjaan pemasangan rel LRT.

Gantry Crane merupakan salah satu jenis crane atau alat berat yang bertugas untuk memindahkan dan mengangkat beban dari suatu titik ke titik lainnya. Gantry Crane disebut juga sebagai portal crane. Mini gantry crane berbentuk lebih kecil jika dibandingkan dengan gantry crane, yang sering ditemui di suatu proyek maupun pabrik precast. Mini gantry crane tidak jauh berbeda dengan gantry crane yang memiliki kaki tegak dengan gantry di atasnya.

Pada tiap gantry crane terdapat hoist yang terpasang di troli gantry crane. Hoist merupakan alat pengangkat dan pengangkut beban berat ringan hingga muatan beban medium yang dilengkapi dengan roda dan lintasan rel dan bergerak secara maju dan mundur. Roda dan rel pada hoist berfungsi sebagai pendukung proses kerja hoist.

Mini gantry crane memudahkan para pekerja LRT untuk mengangkat dan meletakkan rel lrt pada tempatnya. Setelah rel LRT Jabodebek diangkat oleh mini gantry crane, selanjutnya akan diletakkan di roller untuk diteruskan hingga tahap pekerjaan penyambungan tiap-tiap rel dengan pengelasan.

Kemudian setelah selesai, rel LRT saling tersambung antara satu dengan lainnya, rel LRT diteruskan untuk penempatan rel di atas rangka besi yang belum dicor untuk disambungkan dengan fastening system dan concrete plinth.

Sumber Instagram Adhi Karya

Edit Erik

Check Also

BRI Agro Incar Penambahan Modal Rp700 Miliar Lewat Rights Issue

PT Bank Rakyat Indonesia Agro Niaga Tbk akan melakukan penambahan modal dengan hak memesan efek …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *