Home / Berita / Adhi Persada Gedung Gunakan Pondasi Rakit Pembangunan Apartemen Gateway Park

Adhi Persada Gedung Gunakan Pondasi Rakit Pembangunan Apartemen Gateway Park

Apartment yang sedang dibangun oleh Adhi Persada Gedung dan dikembangkan oleh PT ACP, Gateway Park menerapkan teknis konstruksi bangunan gedung,

Pondasi rakit atau raft foundation merupakan pelat beton berbentuk rakit yang melebar ke seluruh bagian dasar bangunan. Pelat beton ini, digunakan untuk meneruskan beban bangunan ke lapisan tanah dasar. Pondasi rakit ini ternyata sangat bermanfaat untuk mengurangi perbedaan penurunan dalam berbagai tanah.

Umumnya, pondasi rakit diaplikasikan apabila tanah dasar mempunyai daya dukung rendah atau beban kolom yang besar. Sehingga, sebagian besar atau 50 % dari luas bangunan diperlukan untuk pondasi telapak sebar konvensional agar dapat mendukung pondasi. Apa itu pondasi telapak? Pondasi telapak merupakan pelebaran alas kolom atau dinding yang bertujuan untuk meneruskan beban pada tanah suatu tekanan yang sesuai dengan sifat – sifat tanah yang bersangkutan. Nah, pondasi telapak yang dapat mendukung kolom secara tunggal disebut telapak kolom individual, telapak tersendiri atau telapak sebar.

Pondasi rakit ini juga meminimalisir penulangan beton dan menghemat biaya penggalian.

Apartment Gateway Park menggunakan pondasi rakit atau raft foundation, yang terdapat borepile pada struktur bagian bawahnya. Uniknya Sobat, saat melakukan pengecoran raft foundation yang mencapai 2000 meter kubik ini, sistem pengecorannya tidak boleh berhenti alias non-stop. Sehingga, ada berbagai upaya yang dilakukan agar pondasi dapat terjaga dan pondasi yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik.

Sumber Instagram Adhi Karya

Editor :  Erik

Check Also

BRI Agro Incar Penambahan Modal Rp700 Miliar Lewat Rights Issue

PT Bank Rakyat Indonesia Agro Niaga Tbk akan melakukan penambahan modal dengan hak memesan efek …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *