Home / Berita / Agenda Simulasi Bandara NYIA Sebelum Beroperasi 29 April

Agenda Simulasi Bandara NYIA Sebelum Beroperasi 29 April

PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I memastikan Bandara Internasional Yogyakarta atau Bandara NYIA di Kulonprogro mulai beroperasi pada Senin, 29 April 2019. Sejak 20 April atau 10 hari menjelang beroperasi, AP I pun melakukan serangkaian simulasi pada bandara yang terletak sekitar 48 kilometer dari pusat kota Yogyakarta ini.

“Simulasi ini untuk memastikan aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan menjelang, mengingat tingginya trafik penerbangan di sekitar Yogyakarta dan Jawa Tengah,” kata Direktur Utama AP I, Faik Fahmi dalam keterangan resminya pada Sabtu, 20 April 2019.

Bandara ini mulai dioperasikan seiring dengan hampir rampungnya proses pembangunan. Menurut pihak AP I, secara keseluruhan, proyek ini akan benar-benar rampung dibangun pada akhir 2019 nanti.

Adapun sejumlah simulasi yang akan dilakukan yaitu mulai dari moda transportasi penunjang dari dan ke bandara hingga kelayakan infrastruktur penunjang pelayanan bandara. Berikut jadwal simulasi Bandara NYIA

– 20 April 2019.
Simulasi keamanan bandara oleh Komite Keamanan Bandara (Airport Security Committee).

– 22 April 2019.
Penilaian potensi gangguan dan risiko atau hazard identification and risk assesment oleh Maskapai.

– 23 April 2019.
Rapat koordinasi dengan para pemangku kepentingan serta table top exercise operasi bandara

– 24 April 2019.
Simulasi operasional lapangan

– 25 April 2019.
Evaluasi simulasi pengoperasian bandara

– 26 April 2019.
Simulasi gabungan pengoperasian bandara bersama seluruh pemangku kepentingan terkait, seperti transportasi darat, maskapai penerbangan, petugas imigrasi, dan lainnya.

Menurut Faik, permintaan slot penerbangan untuk Bandara Adisutjipto Yogyakarta masih tinggi. Dengan dialihkannya penerbangan internasional dari Bandara Adisutjipto ke BandaraNYIA maka permintaan slot penerbangan tersebut dapat diakomodir.

Sumber Tempo, edit koranbumn

Check Also

Kampus Indonesia Masuk Peringkat Universitas Terbaik ASEAN versi THE

 The Times Higher Education baru saja merilis Peringkat Universitas Dunia 2020 yang mencakup hampir 1.400 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *