Home / Berita / Angkasa Pura I Siapkan Dua Rute Penerbangan Internasional di Bandara Internasional Yogyakarta

Angkasa Pura I Siapkan Dua Rute Penerbangan Internasional di Bandara Internasional Yogyakarta

PT Angkasa Pura I bakal menyiapkan dua rute penerbangan internasional di Bandara Internasional Yogyakarta, yakni dan Kuala Lumpur, Malaysia, dan dari Singapura. Dua rute penerbangan tersebut merupakan tahap pertama operasional bandara ini.

Direktur Pemasaran Angkasa Pura I, Devi Suradji, mengatakan hingga saat ini pihaknya sedang melakukan pencocokan di rute tujuan (pairing airport). Hal tersebut untuk memastikan agar kedua bandara siap melakukan penerbangan.

“Ada dua, KL dan Changi. Saat ini kami sedang memastikan pairing airport di rute tujuan. Karena meski kita sudah siap, kan (bandara) di sana (KL dan Changi) juga harus siapkan slotnya,” kata Devi di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (4/5).

Adapun maskapai internasional yang sudah siap terbang dari Bandara Internasional Yogyakarta adalah AirAsia dari Malaysia dan Silk Air yang merupakan anak usaha Singapore Airlines.

Kedua maskapai tersebut sebelumnya telah melayani penerbangan internasional di Bandara Internasional Adisutjipto, Yogyakarta. Tapi, bandara di sana sudah terlalu padat dan dipindahkan ke Bandara Internasional Yogyakarta.

Namun Devi belum bisa menentukan kapan dua maskapai internasional tersebut bisa terbang dari Bandara Internasional Yogyakarta. Menurut dia, perlu waktu delapan minggu bagi maskapai untuk mendapat slot penerbangan dari negaranya ke Indonesia.

“Jujur kami siap, kita harus sediakan karantina, security-nya, walaupun sekarang secara fisik bangunan ready. We are not talking about fisik saja, apalagi bagasi kan enggak boleh dicampur sama yang domestik,” kata dia.

Menurut Devi, selain AirAsia dan Silk Air, sudah ada beberapa maskapai lainnya yang juga tertarik terbang Bandara Internasional Yogyakarta. Tapi, Devi enggan membeberkannya sebelum ada kepastian.

Sumber Kumparan, edit koranbumn

Check Also

Pelindo Sambut Hangat Tamu Negara Peserta ASEAN Port Association Meet 2019 di Yogyakarta ⁣

Total seribu atlet dan kontingen dari sembilan negara Asia Tenggara yang tergabung dalam ASEAN Ports …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *