Home / Berita / ANTAM akan Mengakselerasi Program Penghiliran Mineral

ANTAM akan Mengakselerasi Program Penghiliran Mineral

PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM) menyebut akan mengakselerasi program penghiliran mineral untuk dapat merampungkan seluruh proyek pada 2021. Saat ini, ANTM memiliki 2 proyek smelter nikel dan 1 smelter bauksit yang pembangunannya masih berjalan.

Pada Juli 2019, ANTM akan menyelesaikan proyek smelter feronikel di Halmahera Timur dengan kapasitas 13.500 nikel dalam feronikel (TNi). Dalam dua bulan ke depan, perseroan pun akan merampungkan studi pembiayaan untuk proyek smelter di lokasi yang sama.

“Proyek downstream kami akhir 2021 sudah selesai sehingga 2022 seluruh ore sudah bisa diserap,” ungkap Direktur Utama ANTM Arie Prabowo Ariotedjo.

Manfaatkan Momentum

Merespons ekspansi agresif emiten pertambangan logam pada tahun ini, kalangan analis menilai perusahaan-perusahaan tersebut tengah menangkap peluang dari kenaikan harga komoditas global.

Analis Kresna Sekuritas Robertus Yanuar Hardy menyampaikan sejumlah komoditas seperti emas, timah, dan nikel tengah menunjukkan pergerakan harga positif, dan diprediksi terus berlanjut positif sepanjang tahun ini.

“Selain itu, serangkaian rencana ekspansi bisnis perusahaan juga memegang peranan penting, untuk meningkatkan kapasitas produksi masing-masing emiten tersebut,” ungkap Robertus saat dikonfirmasi, akhir pekan lalu.

Robertus merekomendasikan untuk mengoleksi saham PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM) dengan target harga sebesar Rp1.200. Pada penutupan perdagangan Jumat (8/1), harga ANTM tercatat melemah 3,3% atau 35 poin ke level Rp1.025.

Robertus menyampaikan ANTM berpotensi memeroleh manfaat besar dari selesainya pembangunan smelter. Selain itu, konsolidasi Freeport di bawah Inalum juga berpotensi mendatangkan peluang bisnis baru seperti pembangunan smelter bersama dan pengolahan anoda slime.

Sumber Bisnis, edit koranbumn

 

Check Also

Hari Kartini, Pertamina Salurkan Modal Bergulir senilai Rp 275 juta kepada Perempuan Pelaku UMKM di Sumatera Utara

Menyambut Hari Kartini pada hari ini, 21 April 2019, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *