Home / Berita / Arsitektur Pasar Badung Hasil Revitalisasi Nindya Karya, Dipuji Presiden Jokowi

Arsitektur Pasar Badung Hasil Revitalisasi Nindya Karya, Dipuji Presiden Jokowi

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menilai arsitektur Pasar Rakyat Badung yang berlokasi di Kota Denpasar, Bali itu memiliki arsitektur pasar terbaik se-Indonesia.

“Saya sudah keliling seluruh Tanah Air, ini adalah pasar dengan arsitektur paling bagus yang saya pernah lihat,” kata Jokowi.

Pernyataan tersebut Ia sampaikan bertepatan dengan diresmikannya pasar yang mengalami musibah kebakaran pada akhir Tahun 2016 silam (22/3). Usai memberikan sambutan, Presiden kemudian menandatangani prasasti sebagai tanda peresmian Pasar Badung.

Tampak mendampingi Presiden saat penandatanganan, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, Gubernur Bali I Wayan Koster, dan Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra. Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra dalam sambutannya mengatakan, Pasar Rakyat Badung tersebut diisi oleh 1.690 pedagang.

Menurutnya, revitalisasi pasar juga tidak semata peningkatan infrastruktur fisik dan omzet pedagang, melainkan juga mengubah perilaku para pedagang.

“Kami di Kota Denpasar terus berkomitmen untuk mendukung ekonomi kerakyatan melalui peningkatan infrastruktur dan SDM pasar rakyat, dan saat ini Kota Denpasar telah merevitalisasi 30 pasar rakyat,” kata Wali Kota Denpasar.

Revitalisasi Pasar Badung yang dikerjakan PT Nindya Karya (Persero) menghabiskan 240 Hari kalender dengan lingkup pekerjaan diantaranya, pekerjaan struktur, pekerjaan balok prestres dan plat HSC, pekerjaan arsitekur, pekerjaan finishing, pekerjaan MEP, pekerjaan drop off dan Penataan Site Sisi Barat.

Pasar ini memiliki enam lantai yang terdiri dari dua basement dan empat lantai untuk kios dan toko. Pasar ini berdiri di atas lahan seluas 24.581 meter persegi. Pasar Badung juga dilengkapi berbagai fasilitas umum yang ramah disabilitas, ramah anak, dan dilengkapi ruang menyusui. Di pasar itu juga disediakan sekolah bagi anak pedagang pasar, serta Taman Kumbasari Tukad Badung sebagai inovasi yang dirangkaikan dengan Smart Heritage Market Denpasar.

Sumber Nindya Karya, edit koranbumn

Check Also

BNI Ajukan Pinjaman Bilateral Senilai US$ 750 juta kepada Lima Bank Asing

PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) mengatakan saat ini pihaknya telah melakukan pengajuan pinjaman bilateral …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *