Home / Berita / Arus Mudik H-6 Lebaran di Bandara Juanda Surabaya Turun Sebesar 20%

Arus Mudik H-6 Lebaran di Bandara Juanda Surabaya Turun Sebesar 20%

Jumlah arus mudik melalui Bandara Internasional Juanda Surabaya pada H-6 Lebaran mengalami penurunan sampai 20% dibandingkan periode yang sama pada Lebaran tahun lalu.

Communication and Legal Section Head Angkasa Pura I Bandara Internasional Juanda Surabaya, Yuristo Ardhi Hanggoro mengatakan pada H-6 Lebaran 2018, tercatat ada 131.453 orang.

Namun sampai H-6 Lebaran 2019 ini, atau Kamis 30 Mei 2019, jumlah penumpangnya anjlok 20% atau hanya tercapai 105.398 orang baik penerbangan domestik maupun internasional di kedatangan maupun keberangkatan.

“Namun begitu, jumlah pemudik di Bandara Juanda ini sebetulnya meningkat 3% jika dilihat secara hari per hari sejak H-8, H-7 hingga H-6,” katanya kepada Bisnis, Jumat (31/5/2019).

Dia memprediksi puncak arus penumpang mudik di Juanda ini akan terjadi pada H-5 atau Sabtu 1 Juni 2019 dengan tambahan jumlah penumpang mencapai 55.000 penumpang.

Yuristo menambahkan, penurunan jumlah penumpang ini diperkirakan akibat fenomena harga tiket pesawat yang mahal dan tersedianya alternatif transportasi lainnya.

“Untuk saat ini kami belum bisa memastikan penyebab utama dari penurunan penumpang tapi sementara kemungkinan karena dua faktor tersebut,” imbuhnya.

Adapun tujuan mudik penumpang melalui Bandara Juanda ini kebanyakan adalah ke Balikpapan, Banjarmasin, Samarinda dan Denpasar. Sedangkan penerbangan internasional kebanyakan tujuannya ke Singapura dan Malaysia.

Sumber Bisnis, edit koranbumn

Check Also

Perum Perindo Aktif Ciptakan Terobosan di Keramba Jaring Apung Bali

Divisi Budidaya Perum Perindo terus menciptakan terobosan dan inovasi agar unit Keramba Jaring Apung (KJA) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *