Home / Berita / ASDP Indonesia Ferry Implementasikan Pencatatan Data Manifest Penumpang Ferry Terkoneksi Langsung Data Kependudukan

ASDP Indonesia Ferry Implementasikan Pencatatan Data Manifest Penumpang Ferry Terkoneksi Langsung Data Kependudukan

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menjadi salah satu perusahaan transportasi yang mengimplementasikan pencatatan data manifest penumpang ferry secara otomasi, yang terkoneksi langsung dengan data kependudukan.

Hal ini menyusul penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) yang dilakukan antara Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi dengan Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh, dan disaksikan oleh Kepala Bagian Perundangan Biro Hukum Kementerian BUMN, Wahyu Setiawan, di kantor ASDP, Senin (22/4).

Penandatanganan PKS ini menjadi langkah revolusioner, karena ASDP menjadi perusahaan transportasi pertama yang mengimplementasikan pencatatan manifest penumpang secara otomasi menggunakan alat pembaca data Kartu Tanda Penduduk Elektronik ( E-KTP Reader).

Dengan target penumpang sebanyak 9 juta orang dan 7 juta kendaraan tahun ini, tahap awal ditargetkan pencatatan manifest penumpang dapat mencapai 60 persen lebih akurat. Untuk pilot project , ASDP akan mengimplementasikan sistem E-KTP reader ini di 2 lintasan, yakni Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk yang memiliki kontribusi terbesar dari seluruh lintasan penyeberangan yang dilayani ASDP.

Sumber ASDP, edit koranbumn
.

Check Also

Komitmen Telkom Indonesia Hadirkan Konektivitas dan Digitalisasi Hingga Wilayah 3T, Indihome Kini Hadir di Pulau Rote

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) berkomitmen untuk selalu ada dan berkontribusi menghadirkan konektivitas di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *