Home / Berita / Bakal Bangun Pabrik Ban Bersama Garuda, BUMN China Tanam Investasi US$ 500 juta

Bakal Bangun Pabrik Ban Bersama Garuda, BUMN China Tanam Investasi US$ 500 juta

PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) kian gencar berekspansi. Kali ini, perusahaan penerbangan milik BUMN itu akan menggandeng BUMN asal China, yakni China Communication Construction Company (CCCC) untuk membangun pabrik ban pesawat pertama di Indonesia. Ekspansi ini akan dilakukan GIAA melalui anak usahanya PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk (GMFI).

Direktur Utama Garuda Indonesia, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra mengatakan, total nilai investasi yang ditanamkan oleh China sebesar US$ 500 juta. Perjanjian kerja sama antara GMFI dan CCCC diresmikan pada saat pertemuan IMF World di Bali beberapa tempo lalu.

“CCCC sebagai investor dalam kerja sama ini, kami sudah tanda tangani. CCCC yang paling berminat untuk berinvestasi dan menyatakan minat, sehingga proses akan lebih cepat,” kata Ari Askahara.

Saat ini GMFI dan CCCC tengah mempersiapkan joint venture atau kerjasama. Garuda berharap, persiapan kerja sama akan selesai pada Desember tahun ini, sehingga pembangunan bisnis pabrik ban tersebut dapat dilakukan pada kuartal pertama tahun depan dan ditargetkan rampung 20 hingga 24 bulan ke depan. Pabrik ini rencanannya akan dibangun di wilayah Tangerang.

Konsumen bisnis ini bukan hanya dapat dinikmati oleh maskapai BUMN saja, maskapai lain, baik domestik dan regional juga dapat menikmatinya. Menurut Ari, harga ban pesawat tersebut nantinya jauh lebih murah daripada ban pesawat impor dengan kualitasnya tetap sama. “Kami lebih kompetitif dari ban impor, karena tidak kena biaya impor dan biaya kapal sehingga lebih murah minimal 30%,” katanya.

Sebagai informasi saja, GMFI bergerak di bidang perawatan pesawat. Namun Ari mengatakan, anak perusahaannya tersebut tidak mencakup manufaktur. Selama ini menurut Ari, GMFI juga membeli ban dari luar atau impor karena belum ada manufaktur ban pesawat di Indonesia, padahal bahan mentahnya seperti karet ada di Indonesia.

Sumber Kontan.co.id

Check Also

Raihan Kontrak Baru PP Presisi Mencapai 97 Persen dari Target 2019

Nilai kontrak baru PT PP Presisi Tbk. hingga November 2019 telah mencapai 97% dari target …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *