Home / Berita / Bandara Adi Soemarmo akan Operasikan Terminal Keberangkatan Baru

Bandara Adi Soemarmo akan Operasikan Terminal Keberangkatan Baru

Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo akan mengoperasikan terminal baru pada Selasa pekan depan. Seluruh aktivitas di bandara lama akan dipindahkan ke terminal baru yang terletak di sebelah barat. Terminal baru tersebut akan difungsikan sebagai terminal keberangkatan.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo Abdullah Usman mengatakan, hingga kini persiapan sudah mencapai tahap akhir. Boyongan tenan dan perangkat lainnya akan dilakukan pada Senin (12/8) malam.

“Persiapannya yang bisa kita cicil, kita cicil sekarang, yang tidak bisa sistem kan enggak bisa. Sistemnya nanti jam dua belas malam, begitu penerbangan tutup, kita boyong semua,” ujar Abdullah Usman saat ditemui merdeka.com di terminal baru, Jumat (9/8).

Semua sistem, di antaranya sistem check in, bagasi dan lainnya baru akan dipindahkan pada Senin malam. Pada Senin paginya, seluruh operasional terminal keberangkatan akan pindah ke tempat baru.

Usai pemindahan, terminal lama yang akan difungsikan untuk kedatangan penumpang akan ditutup selama sekitar seminggu. Terminal yang diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Maret 2009 tersebut akan dipercantik agar selaras dengan terminal baru.

“Terminal lama kita percantik, plafonnya ada yang perlu diganti, tiangnya juga kita hiasi dengan ornamen batik, dicat putih, biar sama. Pokoknya disamakan dengan terminal baru,” bebernya.

Lebih lanjut Usman menjelaskan, terminal baru yang terdiri dari tiga lantai tersebut mempunyai fasilitas yang lengkap. Ruang tunggu mewah di lantai tiga dilengkapi dengan tempat bermain anak, internet corner serta tiga pintu gate dan satu garbrata panjang. Ruangan tersebut juga mampu menampung 1.500 hingga 2.000 penumpang.

Selain itu dilengkapi juga dengan layar monitor umrah, lift untuk penyandang difabel, ruang khusus difabel dan autis, eskalator, toilet keluarga dan lainnya. Terminal baru juga terhubung dengan Stasiun Kereta Api Bandara yang bisa mengakses tujuan ke Solo Balapan, hingga Bandara Yogyakarta.

Sumber Merdeka, edit koranbumn

Check Also

5 Prioritas Presiden Jokowi, Masa Lima Tahun ke Depan

Presiden Joko Widodo menyampaikan lima aspek yang menjadi prioritas dalam periode kedua pemerintahannya sepanjang 2019 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *