Home / Berita / Bank Indonesia Prediksi Inflasi Juni 2019 Turun Dibanding Mei 2019 Sebesar 0,53 Persen

Bank Indonesia Prediksi Inflasi Juni 2019 Turun Dibanding Mei 2019 Sebesar 0,53 Persen

Bank Indonesia (BI) memperkirakan inflasi pada Juni akan berada pada kisaran 0,53 persen. Angka ini menurun sedikit dibanding inflasi Mei yang sebesar 0,68 persen.

Gubernur BI, Perry Warjiyo, mengungkapkan prediksi tersebut didapat berdasarkan survei pemantauan harga (SPH) mingguan yang rutin dilakukan oleh BI.

“Mengenai inflasi pada bulan Juni pemantauan kami SPH sampai dengan minggu ketiga kita perkirakan pada bulan Juni ini inflasinya turun menjadi 0,53 month to month,” kata dia, saat ditemui di mesjid BI, Jakarta, Jumat (21/6).

Dengan demikian, secara tahunan atau year on year, inflasi Juni berada pada angka 3,26 persen.

Dia mengungkapkan, penyumbang inflasi minggu ketiga tidak jauh berbeda dengan dua minggu sebelumnya. Yaitu bahan makanan dan transportasi angkutan umum antar kota.

“Banyak berkaitan dengan idulfitri ya, masih cabai merah, tarif angkutan antar kota juga daging ayam dan juga beberapa bahan makanan,” ujarnya.

Akan tetapi, pada minggu ketiga kali ini bawang putih mengalami penurunan harga sehingga tidak ikut menjadi penyumbang inflasi. “Tapi kalau kita lihat bawang putih sudah menurun ya, tempo hari agak naik sekarang sudah turun ya,” tutupnya.

Sumber Merdeka, edit koranbumn

Check Also

BSN Memberikan Apresiasi atas Komitmen Pupuk Kaltim Terapkan SNI

Sejumlah produk dan inovasi PT Pupuk Kaltim (Persero) yang berbasis teknologi dipamerkan dalam rangkaian peringatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *