Home / Berita / Bank Mandiri Berencana Akuisisi Bank di 3 Negara Asia Tenggara

Bank Mandiri Berencana Akuisisi Bank di 3 Negara Asia Tenggara

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk berencana akuisisi bank di 3 negara di kawasan Asia Tenggara, yakni Filipina, Malaysia dan Vietnam. Rencana tersebut masih dikaji oleh perseroan.

“Selain Filipina, kan kemarin ada arrangement terkait dengan qulaified Asian Banks itu. Malaysia masih dikaji, kemudian kalau kita lihat GDP growth yang tinggi itu ada di Vietnam,” ungkap Direktur Treasury dan International Banking Bank Mandiri Darmawan Junaidi di Plaza Mandiri, Jakarta, Senin (9/12).

Darmawan mengatakan, akuisisi merupakan langkah ekspansi awal paling logis ketimbang langsung mendirikan bank di negara tersebut. “Kalau Filipina kita lebih akuisisi. Vietnam kita akan establish yang baru, demikian juga di Malaysia,” urainya.

Secara eksekusi, Bank Mandiri akan mengoptimalisasi kapital yang dimiliki untuk mendukung program jangka panjang perseroan. “Tapi kalau sekarang kita lihat secara jangka menengah masih lebih optimal untuk fokus di dalam negeri, apalagi membesarkan anak usaha kita. Itu jadi pilihan, yang ekspansi luar negerinya tetap bisa dilakukan setelah itu,” ujar dia.

Bank Mandiri juga akan memfokuskan layanan consumer dan micro financing dalam ekspansi luar negeri tersebut. Darmawan menganggap perbankan di Filipina, Malaysia dan Vietnam tidak banyak menjamah segmen tersebut.

Adapun rencana akuisisi Bank di Filipina sebenarnya telah dimulai sejak 2017 lalu. Darmawan menyatakan, pihaknya memang tidak mau terburu-buru melakukan ekspansi karena harus mengkaji segala potensi yang ada.

“Kita mengoptimalisasikan semua peluang yang ada, termasuk di dalam negeri dan bagaimana kita mendukung anak usaha kita,” tegas dia

Sumber Merdeka, edit koranbumn

Check Also

Lowongan Kerja PINDAD

PT Pindad (Persero) adalah salah satu perusahaan Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan serta Peralatan Industrial …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *