Home / Berita / Bank Mandiri Catat Salurkan Kredit Usaha Rakyat per kuartal I/2019 Mencapai Rp5,17 triliun.

Bank Mandiri Catat Salurkan Kredit Usaha Rakyat per kuartal I/2019 Mencapai Rp5,17 triliun.

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. mencatat penyaluran Kredit Usaha Rakyat per kuartal I/2019 mencapai Rp5,17 triliun. Nilai tersebut setara dengan 20,68% dari total target yang pada tahun ini sebanyak Rp25 triliun.

Direktur Retail Banking Bank Mandiri Donsuwan Simatupang memaparkan bahwa penyaluran KUR tersebut sudah mampu menjaring 66.560 debitur UMKM.

Penyaluran KUR kali ini, menurut Donsuwan, tergolong baik karena perseroan masih mampu mempertahankan porsi KUR produktif di 51%. Sampai akhir tahun ini, porsi KUR produktif ditargetkan sebesar 60% dari total KUR yang disalurkan.

“Bank Mandiri masih optimistis pada tahun ini menargetkan dapat menyalurkan KUR sebesar Rp25 triliun, dan Rp15 triliun akan disalurkan kepada sektor produksi,” katanya dalam keterangan resmi yang dikutip pada Selasa (16/4/2019).

Berdasarkan sektornya, penyaluran KUR dialirkan ke pertanian sebesar Rp849 miliar, perikanan Rp8,8 miliar, industri pengolahan Rp179,9 miliar dan jasa produksi Rp1,6 triliun.

Donsuwan menuturkan, perseroan masih cukup kesulitan dalam menyalurkan KUR produktif ke sektor usaha pertanian dan perikanan. Hal tersebut dikarenakan risiko pembiayaan di sektor tersebut yang relatif tinggi. Bahkan, kedua sektor ini sangat sensitif pada perubahan cuaca dan gangguan penyakit atau hama tanaman.

“Kami masih akan melanjutkan pendekatan dengan menggunakan pola/skema kerja sama dengan off-taker yang menjamin pembelian atas hasil produksi petani ataupun nelayan sehingga menjamin pembayaran atas fasilitas KUR yang diterima oleh pelaku UMKM. Kami harap ini bisa menjadi cara untuk mitigasi risiko,” katanya.

Di sisi lain, perseroan juga masih akan memperkuat kerja sama baik dengan perusahaan-perusahaan nasabah segmen korporasi ataupun yang bukan nasabah Bank Mandiri.

Sumber Bisnis, edit koranbumn

Check Also

Antam Jajaki Ekspansi di Afrika dan Laos untuk Perkokoh Kinerja Keuangan

PT Aneka Tambang Tbk. memiliki rencana penambahan portofolio bisnis di dua negara, yakni Afrika dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *