Home / Berita / Bank Mandiri Fokus Perkuat Permodalan 3 Anak Usaha

Bank Mandiri Fokus Perkuat Permodalan 3 Anak Usaha

Selain berencana melakukan ekspansi anorganik, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. juga terus mengupayakan ekspansi secara organik dengan menyuntik permodalan anak-anak usahanya.

Tiko menyampaikan bahwa dalam jangka menengah, perseroan akan fokus membesarkan tiga dari 11 anak usahanya saat ini, yakni PT Mandiri Tunas Finance, PT Bank Mandiri Taspen (Bank Mantap), serta PT Mandiri Capital Indonesia.

“Jadi tiga perusahaan itu yang diutamakan untuk mendapat penambahan modal dalam jangka menengah,” katanya, Senin (18/3/2019).

Sejalan dengan penguatan permodalan, Tiko berharap dua anak usahanya mampu melakukan penawaran saham perdana dalam dua tahun ke depan, yakni PT Bank Syariah Mandiri dan PT Mandiri Tunas Finance.

Selain itu, lanjutnya, Bank Mandiri selaku induk usaha juga akan terus menggencarkan sinergi bisnis dengan anak-anak usahanya. Salah satu bentuk sinergi yang sudah dilakukan adalah kerja sama dengan MTF dalam meluncurkan produk Mandiri Kredit Motor untuk segmen nasabah payroll. Produk anyar itu akan ditawarkan melalui lebih dari 2.600 kantor cabang Bank Mandiri mulai 18 Maret – 31 Desember 2019.

Lewat kerja sama tersebut, Bank Mandiri berambisi dalam tiga tahun ke depan menguasai market share terbesar untuk kredit kendaraan bermotor, baik untuk mobil dan motor baru maupun bekas.

“Semoga dengan sinergi ini MUF diharapkan bisa menjadi champion yang mampu memberikan kontribusinya kepada Mandiri dalam jangka menengah dan panjang,” katanya.

Adapun, kinerja anak-anak usaha Bank Mandiri pada tahun lalu tercatat positif. Total aset yang dimiliki oleh 11 anak usaha tersebut per akhir 2018 tercatat mencapai Rp177,9 triliun, tumbuh 11,7% dibandingkan dengan capaian pada tahun sebelumnya.

Sementara  itu, pendapatan anak-anak usaha pada tahun lalu mencapai Rp23,7 triliun, tumbuh 8,7% secara tahunan. Adapun, laba bersih yang dihimpun tercatat senilai Rp2,5 triliun, tumbuh 12,6% secara tahunan.

Sumber Bisnis, edit koranbumn

Check Also

IPCC Bagikan Dividen Rp34,87 per Saham dari Laba Bersih Semester I/2019

PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk. (IPCC) membagikan dividen interimnya dari laba bersih selama semester I/2019 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *