Home / Berita / Bank Mandiri Kembangkan Ekosistem untuk Optimalisasi Usaha Kopi dan Kesejahteraan Petani

Bank Mandiri Kembangkan Ekosistem untuk Optimalisasi Usaha Kopi dan Kesejahteraan Petani

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. tengah mengembangkan ekosistem untuk mengoptimalkan keberadaan kedai-kedai kopi dan kesejahteraan petani komoditas ini di Indonesia.

Hingga saat ini salah satu program yang sudah dimiliki Bank Mandiri untuk pengembangan kedai kopi dan kesejahteraan petani bernama Mandiri Coffiesta. Program ini telah melibatkan lebih dari 410 pedagang kopi dari berbagai daerah.

Melalui program Mandiri Coffiesta nasabah Bank Mandiri bisa mendapat diskon hingga 50 persen jika bertransaksi dengan menukarkan fiestapoin di mesin EDC gerai terkait. Para pedagang yang ikut program ini harus memiliki rekening Bank Mandiri agar bisa melayani pembeli menggunakan EDC Perseroan.

Menurut Senior Vice President Retail Deposits Product & Solution Bank Mandiri Muhamad Gumilang, program seperti Mandiri Coffiesta dapat mendukung gerakan cashless society dan meningkatkan jumlah transaksi menggunakan kartu debit, kredit, serta uang elektronik.

“Jadi saya lagi banyak ngobrol bagaimana cara kami bisa tingkatkan value added petani biar harga jualnya [produk kopi] bisa naik 2-3 kali lipat. Di sisi payment system kami deploy karena Mandiri punya EDC segala macam, campaign kami ada, ekosistem sedang dibangun,” tutur Gumilang di kawasan Cikini, Jakarta, Rabu (21/8/2019).

Dalam waktu dekat program Mandiri Coffiesta bisa ditemukan dalam acara Mandiri Jakarta Coffee Week. Event rutin tahunan ini akan kembali diselenggarakan pada 30 Agustus hingga 1 September 2019.

Gumilang mengatakan, Perseroan ingin kedepannya acara seperti Jakarta Coffee Week tidak hanya diselenggarakan di ibu kota. Namun, hingga kini Bank Mandiri disebutnya masih mencari mekanisme untuk mengembangkan acara seperti Jakarta Coffee Week di daerah lain dan menjaga efek transaksi nontunai pasca acara.

“Yang kami harap ke depan transaksi post event karena kami punya lebih dari 400 merchant Coffiesta di seluruh Indonesia dan kami harap ada peningkatan transaksi,” katanya.

Khusus untuk acara Jakarta Coffee Week 2019 Bank Mandiri menargetkan adanya pertumbuhan nilai transaksi hingga dua kali lipat dibanding pelaksanaan pertama 2 tahun lalu. Target nilai transaksi yang dipatok lebih dari Rp5 miliar dari acara tersebut.

Pada gelaran 2017 lalu, sedikitnya 106 tenants ambil bagian dan berhasil menghadirkan 13.200 orang pengunjung pada acara ini. Transaksi yang timbul kala itu mencapai Rp2,9 miliar.

Kemudian, pada tahun 2018 ada 138 tenant yang terlibat, dan 21.536 pengunjung datang ke acara yang sama. Jumlah transaksi yang muncul adalah Rp3,3 miliar.

Acara Jakarta Coffee Week 2019 tahun ini diadakan di Swissôtel Ballroom Lantai 7 PIK Avenue. Akan ada beragam kompetisi di acara ini diantaranya Indonesia Aeropress Championship 2019 dan Fire and Gas Roasting Competition 2019 untuk para barista dan roaster. Panitia juga membuat kompetisi Jacoweek People of Choice 2019 untuk para petani kopi Indonesia.

Nasabah Bank Mandiri bisa masuk ke lokasi acara gratis dengan menukarkan 100 fiestapoin. Selain itu Bank Mandiri juga menyediakan diskon hingga 50 persen bagi pengunjung yang menukarkan fiestapoin atau menggunakan kartu debit, kredit, serta uang elektronik milik Perseroan.

Sumber Bisnis, edit koranbumn

Check Also

Pupuk Indonesia Bersama KPK Gelar Roadshow Internalisasi Budaya Anti Gratifikasi

Menggalakkan kampanye Anti Gratifikasi di lingkungan perusahaan dan anak perusahaan, PT Pupuk Indonesia (Persero) bersama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *