Home / Berita / Bank Mandiri Kucurkan Dana Investasi Rp 2,4 T untuk Teknologi Informasi Hadapi Digitalisasi Perbankan

Bank Mandiri Kucurkan Dana Investasi Rp 2,4 T untuk Teknologi Informasi Hadapi Digitalisasi Perbankan

Digitalisasi di industri perbankan semakin marak. Karena itu, tahun ini Bank Mandiri mengucurkan dana sebesar Rp 2,4 triliun untuk pengembangan Teknologi Informasi (IT) perseroan.

Direktur Teknologi Informasi dan Operasi Bank Mandiri, Rico Usthavia Frans, mengatakan sekitar 35 persen transaksi perbankan sudah digital. Beberapa transaksi digital tersebut seperti mobile banking, e-commerce, dan sebagainya.

Sementara, di Bank Mandiri sendiri sekitar 95 persen transaksi Bank Mandiri sudah online. Sisanya, masih berada di kantor-kantor cabang.

“Di dunia perbankan atau secara umum di domain dan area manapun terjadi digitalisasi secara masif. Sementara kita, sudah 95 persen transaksi dilakukan secara e-channel,” katanya saat ditemui di Plaza Mandiri, Jakarta, Senin (13/5).

Dia mengatakan, anggaran investasi ini meningkat sekitar 20-30 persen dari tahun lalu. Dari Rp 2,4 triliun tadi, sekitar Rp 500 miliar hingga Rp 600 miliar dialokasikan untuk digital retail banking.

“Kemudian cukup besar juga komposisinya untuk perbaikan infrastruktur, baik dari sisi jaringan (network) atau server-server kita yang membutuhkan peremajaan dan peningkatan kapasitas,” katanya.

Sebagai informasi, selama dua tahun ini Bank Mandiri juga telah merogoh kocek sebesar USD 250 juta. Sehingga total investasi yang telah dilakukan bank berpelat merah tersebut di sektor teknologi keuangan mencapai USD 400 juta dalam tiga tahun.

Sumber Kumparan, edit kroanbumn

Check Also

Susunan Direksi Baru Bio Farma

Bio Farma perkenalkan susunan direksi baru pada tanggal 16 September 2019, berdasarkan Keputusan Menteri BUMN …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *