Home / Berita / Bappenas Siapkan Skenario Pertumbuhan Ekonomi 2020-2024

Bappenas Siapkan Skenario Pertumbuhan Ekonomi 2020-2024

Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional atau Kepala Bappenas Bambang P.S. Brodjonegoro mengatakan pemerintah telah menyiapkan tiga skenario pertumbuhan ekonomi pada 2020-2024. Tiga skenario ini rencananya bakal masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

“Ada tiga skenario yang kami rancang dalam lima tahun ke depan. Ketiganya dengan baselinerendah yakni rata-rata 5,4 persen, moderat dengan 5,6 persen dan skenario tinggi 6 persen,” kata Bambang kepada media dalam acara Musrenbangnas di Hotel Shangri La, Jakarta Selatan, Kamis 9 Mei 2019.

Bambang menjelaskan, untuk mencapai target pertumbuhan itu pemerintah juga telah menyiapkan strategi pendukung. Salah satunya dengan cara memperbaiki defisit transaksi berjalan yang masih terus terjadi.

Menurut Bambang saat ini ada tiga hal yang perlu dilakukan untuk memperbaiki defisit transaksi berjalan. Pertama, untuk memperbaiki neraca dagang yang kadang defisit atau surplus terlalu kecil perlu didorong ekspor.

Kemudian yang kedua, adalah dengan memperbaiki defisit neraca di pos jasa. Misalnya dengan mendorong jasa untuk pengangkutan kapal atau freight. Yang ketiga adalah meningkatkan inflowatau arus modal masuk untuk mendatangkan devisa, misalnya seperti pariwisata.

“Pariwisata harus digenjot, ekspor didorong dengan diversifikasi lebih baik, tidak hanya ketergantungan komoditas sumber daya alam tetapi juga produk dari manufaktur,” kata Bambang.

Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, di dalam RPJMN 2020-2024 pemerintah mematok pertumbuhan investasi mencapai 7 persen. Karena itu, pemerintah akan fokus untuk mendorong net ekspor untuk terus tumbuh. Sambil pada saat bersamaan, menjaga supaya pertumbuhan impor tak lebih tinggi dibandingkan ekspor.

sumber tempo, edit koranbumn

Check Also

Hingga Kuartal III/2019, Total Pelanggan PLN Berjumlah 74,16 Juta

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) terus gencar menambah jumlah pelanggan. Hingga kuartal III 2019, jumlah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *