Home / Berita / Beberapa kriteria dan Tahapan menjadi Nasabah PNM Mekaar

Beberapa kriteria dan Tahapan menjadi Nasabah PNM Mekaar

Melalui program Mekaar (Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera), PNM meningkatkan produktivitas masyarakat khususnya pada kelompok perempuan produktif dari keluarga prasejahtera. Mereka tak hanya diberikan modal finansial, namun juga modal intelektual dan sosial.

Untuk dapat bergabung menjadi nasabah PNM Mekaar, ada beberapa kriteria dan tahapan yang harus dipenuhi oleh para calon nasabah. Karena PNM Mekaar adalah layanan pemberdayaan berbasis kelompok, maka prinsip gotong royong diterapkan dalam kelompok.

Para ibu calon penerima permodalan PNM Mekaar wajib membentuk kelompok sebanyak 10 hingga 30 orang di lingkungan masing-masing. Dengan adanya kelompok, maka sistem tanggung renteng akan diberlakukan. Melalui sistem ini, para Ibu Mekaar dapat saling menunjang satu sama lain.

Pertemuan secara mingguan juga rutin diadakan, kegiatan pertemuan ini dilakukan sebagai bagian dari bimbingan plus jaringan usaha, yang kelak akan memberikan manfaat balik pada nasabah. Pada tahap berikutnya adalah pencarian permodalan yang diberikan kepada Ibu Mekaar dengan pembiayaan yang variatif, sesuai kebutuhan dan kemampuan usaha. Besarannya antara Rp 2 juta hingga Rp 5 juta, permodalan PNM Mekaar tersebut diberikan tanpa adanya jaminan kepada nasabah.

Sumber PNM, edit koranbumn

Check Also

Pertamina EP Lakukan Tanggap Darurat Karhutla

PT Pertamina EP, anak usaha PT Pertamina (Persero) sekaligus kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *