Home / Berita / Belanja Modal/Capex BUMN (4) : Belanja Modal Pelindo II Senilai Rp 11 triliun dari Kas Internal

Belanja Modal/Capex BUMN (4) : Belanja Modal Pelindo II Senilai Rp 11 triliun dari Kas Internal

Sementara itu, Direktur Teknik PT Pelindo II/IPC Dani Rusli Utama mengatakan bahwa sebagian besar capex senilai Rp11 triliun bersumber dari kas internal.

Dia memaparkan Rp1 triliun dialokasikan untuk operasional 12 cabang, Rp4 triliun untuk proyek strategis nasional Rp4 triliun untuk anak perusahaan, dan Rp2 triliun untuk tambahan modal anak perusahaan. “[Proyek pelabuhan] Kijing, CT 2 [New Priok Container Terminal/NPCT 2], dan CT 3 [NPCT 3] jumlahnya Rp3,5 triliun,” jelasnya.

Dani menjelaskan bahwa Pelabuhan Kijing di Mempawah, Kalimantan Barat, sedang memasuki tahap konstruksi. Di lapangan, kini berlangsung kegiatan pemancangan untuk trestle sepanjang 3,5 km, pematangan lahan, pekerjaan instrumen geoteknik, pekerjaan timbunan stock yard, land clearing sisi pantai, dan pemancangan sistem drainase buatan vertikal (PVD).

Demikian pula dengan NPCT 2 dan NPCT 3 yang sedang dalam tahap pematangan lahan setelah direklamasi.

Pada proyek Cikarang-Bekasi Laut Jawa/CBL, IPC masih menyelesaikan pola operasi terminal, memproses izin tata ruang dan berkoordinasi dengan instansi pendukung, seperti Kementerian PUPR. “Pelindo II sedang mengajukan agar ditunjuk menjadi salah satu operator. Izin terkait tata guna lahan dan rencana induk pelabuhan juga sedang diproses,” kata Dani.

Sebagian belanja modal IPC pada tahun ini juga dialokasikan untuk penyertaan modal pengembangan Pelabuhan Patimban, pembelian sebagian saham PT Krakatau Bandar Samudera, dan pembangunan Jalan Tol Cibitung—Cilincing.

Sumber Bisnis, edit koranbumn

Check Also

Kementerian BUMN Buka Sejumlah Keluhan Karyawan Garuda

Kasus penyelundupan motor Harley Davidson bekas dan sepeda Brompton dalam pesawat baru Airbus A330-900 yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *