Home / Berita / Belanja Modal/CapexBUMN(19) : Total Belanja Modal BUMN Dapat Mencapai Rp 775 T di 2019, Terbesar Disumbang Pertamina

Belanja Modal/CapexBUMN(19) : Total Belanja Modal BUMN Dapat Mencapai Rp 775 T di 2019, Terbesar Disumbang Pertamina

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mencatat, capital expenditure atau belanja modal perusahaan pelat merah di tahun 2019 mencapai Rp 775 triliun. Sementara realisasi belanja modal BUMN di 2018 mencapai Rp 500 triliun.

Menurut Menteri BUMN Rini Soemarno, belanja modal BUMN di 2019 naik karena PT Pertamina (Persero) membangun kilang minyak di Balikpapan, Tuban, hingga Cilacap. Sementara belanja modal BUMN lain relatif tak jauh beda dengan 2018.

“Yang keluar tahun ini sampai Rp 775 triliun, komposisi terbesar Pertamina untuk kilang,” paparnya saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (16/1).

Sementara untuk infrastruktur, belanja modal BUMN konstruksi di 2019 lebih pada untuk menyelesaikan proyek yang dimulai di 2018, seperti pembangunan Tol Pasuruan-Banyuwangi, Trans Sumatera, Trans Kalimantan, dan Trans Sulawesi.

“Infrastruktur juga banyak di pembangunan TOD (Transit Oriented Development). Juga tahun ini (BUMN) menargetkan take over sekitar 6 bandara dari Kemenhub, banyak,” ucap Rini.

Pada tahun 2018, target setoran deviden BUMN ke kas negara sebesar Rp 44,7 triliun, sementara pada tahun ini sebesar Rp 45,59 triliun. Rini optimistis, target dividen yang ditetapkan itu dapat tercapai.

InsyaAllah, saya tidak ingat detailnya (sektor mana yang menyumbang paling banyak). BUMN kita berkinerja makin baik,” tegasnya.

Sumber Kumparan, edit koranbumn

Check Also

Edukasi Masyarakat Peduli Kebutuhan Hari Tua, BRI Tawarkan DPLK

Belum banyak orang yang mempersiapkan kebutuhan finansialnya di masa mendatang, terutama kebutuhan di hari tua …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *