Home / Berita / Bendungan Bener di Purworejo, menjadi Bendungan Tertinggi di Indonesia

Bendungan Bener di Purworejo, menjadi Bendungan Tertinggi di Indonesia

Air merupakan sumber kehidupan manusia, bahkan tubuh manusia 60-70 persen membutuhkan air untuk proses metabolismenya. Namun saat ini, masih terjadi krisis air yang menyebabkan beberapa wilayah di Indonesia sulit mendapat air bersih.

Dalam menyelesaikan permasalahan ini, Pemerintah giat melakukan pembangunan infrastruktur khususnya dalam bidang air, seperti bendungan. Salah satu pembangunan yang sedang dilakukan adalah Bendungan Bener yang terletak di Purworejo, Jawa Tengah.

Bendungan ini akan menjadi bendungan tertinggi di Indonesia,dirancang dengan ketinggian waduk sekitar 159 meter, panjang timbunan 543 meter dan lebar sekitar 290 meter.

Bendungan Bener akan difungsikan untuk mengairi lahan irigasi seluas 15.519 hektar. Sebelum dilakukan pembangunan konstruksi, Bendungan Bener telah lolos pengujian geologi, uji Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dan Land Acquisition and Resettlement Action Plan (LARAP).

Bendungan Bener ditargetkan selesai pada 2023. Pembangunan bendungan ini telah mendapatkan dukungan dari masyarakat sekitarnya sehingga diharapkan dapat mengatasi masalah kekeringan dalam waktu tak lama lagi.

Sumber Adhi Karya, edit koranbumn

Check Also

Bank Indonesia Proyeksikan Ekonomi Digital Sebagai Masa Depan Indonesia

Bank Indonesia (BI) menganggap ekonomi digital sebagai masa depan Indonesia. Selain itu, ekonomi digital juga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *