Home / Berita / BNI Gaet Kudo, Perluas Layanan Keuangan Digital melalui Jaringan Agen

BNI Gaet Kudo, Perluas Layanan Keuangan Digital melalui Jaringan Agen

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) dan PT Kudo Teknologi Indonesia (Kudo) bekerja sama dalam memberikan solusi layanan keuangan digital kepada masyarakat luas, khususnya di daerah rural. Melalui kerjasama tersebut, BNI memungkinkan Agen Kudo untuk memberikan layanan keuangan yang lebih lengkap.

Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Pemimpin Divisi E-Banking BNI Anang Fauzie dengan CEO & Co-Founder Kudo Agung Nugroho di Jakarta, Kamis (2 Mei 2019). Turut hadir untuk menyaksikan penandatanganan tersebut Direktur Retail Banking BNI Tambok P Setyawati.

Tambok P Setyawati menuturkan, dalam memperluas jaringan layanan perbankan kepada masyarakat yang belum memiliki akses, BNI telah menghadirkan Agen46 yang melayani untuk transfer uang, pembukaan rekening, setoran dan tarik tunai, pembelian pulsa dan token listrik, pembayaran tagihan bulanan seperti tagihan listrik, PDAM, dan lain sebagainya. Layanan-layanan serupa juga telah dimiliki oleh agen Kudo.

“Melalui kerjasama tersebut, agen Kudo yang sudah tersebar luas di Indonesia akan mampu memberikan layanan transfer uang antar bank. Selain fitur transfer, nantinya agen Kudo yang juga menjadi Agen46 secara bertahap dapat melayani masyarakat untuk pembukaan rekening tabungan, setor tunai atau menabung, tarik tunai, kredit usaha rakyat (KUR), pembelian asuransi mikro, dan juga penyaluran bantuan sosial program pemerintah,” ujar Tambok.

Tambok menambahkan bahwa masyarakat dapat membawa uang tunai ke agen Kudo dan melakukan proses transfer yang difasilitasi oleh BNI. Hal tersebut merupakan salah satu bukti bahwa BNI terus berupaya memperluas kolaborasi dengan financial technology (fintech) dalam memperluas layanan keuangan digital sehingga semakin menegaskan bahwa BNI merupakan digital banking.

Agung Nugroho menyampaikan, Kudo berkomitmen untuk memajukan warung tradisional di Indonesia agar menjadi serba bisa melayani berbagai produk dan layanan bagi pelanggannya. Mulai dari bisa berjualan apa saja termasuk pulsa, token listrik, pembayaran tagihan dan tiket perjalanan, bisa stok barang untuk warung lewat aplikasi, bisa menawarkan berbagai layanan keuangan digital, hingga bisa membantu tetangga menjadi pengemudi Grab untuk menambah penghasilan.

“Dengan menghadirkan fitur transfer antar bank melalui jaringan agen Kudo, BNI dan Kudo bersinergi untuk meningkatkan keuangan inklusif dan menjembatani layanan keuangan ke masyarakat dengan keterbatasan akses digital dan perbankan. Kami yakin kerjasama ini dapat memberi manfaat bagi para pemilik warung yang adalah agen Kudo dan para pelanggannya untuk transfer tanpa perlu datang ke bank. Hal ini juga turut menunjukkan komitmen Kudo untuk membantu warung tradisional menjadi serba bisa serta meningkatkan penghasilan mereka dengan menawarkan layanan keuangan digital,” ujar Agung.

Melalui kerjasama BNI dan Kudo, saat ini agen Kudo akan semakin memudahkan masyarakat kota lapis kedua untuk melakukan transaksi perbankan. Fitur-fitur Agen46 yang ditanamkan di agen Kudo akan memperkaya layanan yang telah tersedia di aplikasi Kudo.

Sumber BNI, edit koranbumn

Check Also

Hingga Kuartal III/2019, Total Pelanggan PLN Berjumlah 74,16 Juta

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) terus gencar menambah jumlah pelanggan. Hingga kuartal III 2019, jumlah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *