Home / Berita / BNI Syariah Mematangkan Rencananya Menuju Kelompok Usaha (BUKU) III

BNI Syariah Mematangkan Rencananya Menuju Kelompok Usaha (BUKU) III

 PT Bank BNI Syariah semakin mematangkan rencananya untuk naik ke kategori bank umum kelompok usaha (BUKU) III. Direktur BNI Syariah Dhias Widhiyati mengungkapkan, sampai dengan akhir tahun total modal perseroan sudah mencapai Rp 4,2 triliun.

Artinya, ada kebutuhan sekitar Rp 800 miliar lagi bagi perseroan untuk bisa masuk ke BUKU III dengan minimal modal inti Rp 5 triliun.

Salah satu opsi yang paling memungkinkan untuk perusahaan untuk mewujudkan hal tersebut saat ini adalah lewat penambahan modal.

“Saat ini memang kami masih menggali peluang penngkatna modal melalui berbagai cara yaitu akumulasi laba ditahan dan tambahan setoran modal berupa kas ataupun aset tetap (inbreng),” ujarnya kepada Kontan.co.id, Rabu (27/2).

Selain dari laba ditahan, opsi lain yang saat ini tengah digodok perusahaan antara lain lewat skema penawaran saham perdana alias initial public offering (IPO).

Namun, Dhias mengatakan seluruh opsi tersebut masih berupa rencana lantaran harus melalui proses persetujuan dari pemegang saham.

Di sisi lain, pada akhir tahun lalu total laba perseroan tercatat mencapai Rp 416 miliar. Pun, tingkat kecukupan modal perseroan masih cukup tebal dengan capital adequacy ratio (CAR) di posisi 19%, jauh melampaui kebutuhan modal minimum sebesar 10%.

Modal tersebut menurut Dhias masih sangat mencukupi untuk menunjang rencana ekspansi bisnis perseroan untuk 4 atau 5 tahun ke depan.

“Dapat kami informasikan bahwa setiap ekspansi pembiayaan sebesar Rp 1 triliun maka CAR akan menurun sekitar 0,25%,” sambungnya. Adapun, tahun ini pihaknya menargetkan CAR bisa berada di atas 20%.

Sumber Kontan, edit koranbumn

Check Also

Indonesia Minim Sampah Plastik, IIKK TWC Buka Kegiatan Belajar Pengenalan Sampah Plastik

Ketua Ikatan Istri Karyawan-Karyawati (IIKK) PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *