Home / Berita / Brantas Abipraya Kerjakan Proyek Pembangunan Bendungan Keureuto Kabupaten Aceh Utara

Brantas Abipraya Kerjakan Proyek Pembangunan Bendungan Keureuto Kabupaten Aceh Utara

PT Brantas Abipraya – PT Pelita Nusa Perkasa (KSO) dengan pemberi kerja SNTV Pembangunan Bendungan BWS Sumatra-1 mengerjakan Proyek Pembangunan Bendungan Keureuto Kabupaten Aceh Utara Paket 1 dan lingkup pekerjaan Bendungan Utama (Maindam) dan Bendungan Pengelak (Cofferdam) . Maindam dan cofferdam didesain urugan dengan bahan-bahan batu krakal,krikil,pasir dan tanah pada komposisi tertentu.

Krueng Keureuto – Aceh Utara memiliki daerah tangkapan air seluas 916km2, namun seringkali meluap pada musim hujan intensitas tinggi. Hal ini disebabkan trase pada sungai yang panjang dan melebar memberikan kontribusi sehingga puncak banjir yang tertinggi di daerah hilir yaitu Krueng Pirak, Krueng Peuto, Krueng Ceku, Krueng Aluleuhop, Krueng Kreh, Krueng Aluganto.

Kehadiran Bendungan Keureuto ini nantinya diharapkan dapat mengurangi banjir sebesar 30,50 jt m3. Kemudian Bendungan keureuto dapat menyediakan air irigasi yang dapat mengairi luas lahan 9420 ha. Selain itu dapat membantu menambahkan tenaga listrik dari pembangkit listrik tenaga air sebesar 6,34 MW dan terakhir dapat menyediakan air baku sebesar 0,5 m3/dtk.

Tetap semangat membangun Negeri

Sumber Brantas, edit koranbumn

Check Also

Menteri Erick Thohir Gelar Sertijab di Kantor Kementerian BUMN

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kabinet Indonesia Maju Erick Thohir tiba di Kementerian BUMN …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *