Home / Berita / BRI Hadirkan UMKM Binaan ke Halal Park

BRI Hadirkan UMKM Binaan ke Halal Park

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. ambil bagian menggenjot pariwisata halal dengan menyertakan mitra UMKM binaan di Halal Park, Gelora Bung Karno, Jakarta, yang baru saja diresmikan Presiden RI Joko Widodo, Selasa (16/4/2019).

Para mitra tersebut merupakan binaan Bank BRI di Rumah Kreatif BUMN (RKB). Di antaranya empat RKB Jakarta yakni Pawon Narasa dengan produk Egg Roll, Yammy Babeh dengan produk Keripik Singkong, Elemwe dan Cinda keduanya dengan produk Pakaian.

Ada juga dua RKB Bandung yakni Cantique Soes dengan produk Soes kering, Nukita Food dengan produk Kentang Kuring dan Kremes, serta satu RKB Bukittinggi yakni Uni Adek dengan produk Rendang.

Direktur Utama BRI Suprajarto mengatakan bahwa sebagai bagian dari BUMN, pihaknya ingin berkontribusi dengan menyertakan mitra-mitra binaan. Dengan berpartisipasi di Halal Park, diharapkan produk-produk milik mitra BRI akan semakin dikenal oleh para wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Terlebih lagi, salah satu produk milik mitra yakni rendang Uni Adek telah menembus pasar ekspor hingga ke Arab Saudi.

Hingga akhir Maret 2019, terdapat 54 RKB BRI yang tersebar di seluruh Indonesia. RKB tersebut menaungi 306.920 anggota UMKM dan telah melakukan 2.688 kali pelatihan.

“Kami mengadakan pelatihan-pelatihan rutin untuk mitra binaan. Banyak mitra yang akhirnya bisa menjual produknya secara online baik melalui e-commerce, lewat Indonesia Mall, maupun media sosial. Semua mitra binaan kini bisa menjual produknya di Indonesia Mall yang di-support oleh BRI,” katanya dalam keterangan resmi, Selasa (16/4/2019).

Indonesia Mall merupakan kerja sama BRI dengan e-commerce untuk mendorong UMKM go-online. Produk-produk unggulan dari UMKM mitra binaan BRI dapat langsung dibeli di e-commerce rekanan seperti Blanja.com dan Tokopedia. Dengan adanya Halal Park, diharapkan dapat menjadi etalase offline bagi mitra binaan BRI untuk para wisatawan yang berkunjung.

Adapun Halal Park diproyeksikan akan menjadi kawasan bertaraf internasional yang terletak di pusat kota Jakarta. Berdiri di atas lahan seluas 21.000 meter persegi, kawasan ini dirancang untuk memenuhi beragam gaya hidup halal mulai dari kebutuhan pakaian, produk kecantikan, hingga kuliner.

Berdasarkan standar Global Muslim Travel Index (GMTI), Indonesia menempati nomor satu wisata halal bersaing dengan 130 negara lainnya, termasuk Malaysia, Turki, Saudi Arabia, dan Uni Emirat Arab.

Sumber Bisnis, edit koranbumn

Check Also

Pujasera di Rest Area Jagorawi Kompak Beralih Gunakan Tabung LPG Pink

Pertamina targetkan 65 tabung LPG (Liquefied Petroleoum Gas) Bright Gas akan digunakan oleh pengusaha kuliner …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *