Home / Berita / BRI Menjadi Penyedia Uang Kertas Asing untuk Biaya Hidup Jemaah Haji 2019

BRI Menjadi Penyedia Uang Kertas Asing untuk Biaya Hidup Jemaah Haji 2019

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. kembali menjadi penyedia uang kertas asing (bank notes) Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) untuk biaya hidup jemaah haji 2019. Ini menjadi kali keenam secara berturut-turut bank pelat merah tersebut menjadi penyedia bank notes peserta haji.

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang Paket Pekerjaan Penyediaan Bank Notes Saudi Arabian Riyal (SAR) untuk Living Cost Jemaah Haji Reguler Tahun 1440 H / 2019 M antara Direktur Hubungan Kelembagaan Bank BRI Sis Apik Wijayanto  dengan Anggota Badan Pelaksana Bidang Keuangan BPKH Acep Riana Jayaprawira disaksikan Direktur Utama Bank BRI Suprajarto dan Kepala Badan Pelaksana BPKH Anggito Abimanyu.

Direktur Utama BRI Suprajarto menjelaskan bahwa total fasilitas bank notes sebesar 321 juta riyal atau setara dengan Rp1,21 triliun. “Dengan dukungan outlet BRI yang ada di setiap embarkasi dan keberadaan outlet-outlet BRI yang tersebar luas diharapkan dapat mempermudah akses para jemaah,” kata Suprajarto di kantor pusat BRI, Jakarta, Senin (24/6/2019).

Dia melanjutkan bahwa pada dasarnya dana penyelenggaraan ibadah haji (PIH) tersedia dalam bentuk rupiah sehingga perlu dikonversi menjadi mata uang Saudi Arabia. Penerima bank notes tahun ini sebanyak 214 ribu jemaah haji yang terbagi dalam sejumlah kloter yang akan berangkat sepanjang periode Juli-Agustus 2019.

BPKH memberikan biaya hidup sebesar 1.500 riyal untuk setiap jemaah melalui 19 embarkasi yang terdapat di seluruh Indonesia. Seluruh embarkasi tersebut berlokasi di Aceh, Medan, Padang, Batam, Palembang, Bengkulu, Lampung, Jakarta, Bekasi, Solo, Surabaya, Banjarmasin, Palangkaraya, Balikpapan, Lombok, Makasar, Gorontalo, Jambi, dan Riau.

Adapun melalui gerai Money Changer BRI yang ada di seluruh embarkasi, jemaah haji yang memerlukan pecahan kecil riyal dapat menukar bank notes 1, 5, dan 10. BRI juga melayani penukaran uang dengan sistem bundling, dengan nominal Rp500 ribu, Rp1 juta, Rp5 juta dan Rp10 juta dengan kurs sesuai yang berlaku.

Kepala Badan Pelaksana BPKH Anggito Abimanyu mengatakan bahwa BRI menjadi bank yang terpilih di antara 11 bank yang ikut tender penyedia fasilitas bank notes jemaah haji. “BRI menang karena dua hal, harga kompetitif dan kedua punya jaringan paling banyak,” katanya.

Sumber Bisnis, edit koranbumn

Check Also

MA Lantik Lima Calon Anggota BPK Periode 2019-2024

Mahkamah Agung (MA) akan melantik lima anggota Badan Pemeriksa Keuangan yang sebelumnya telah menjalani serangkaian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *