Home / Berita / BTN Berharap Jadi Mitra Penyalur Kredit KPR yang Dijalankan BP Tapera

BTN Berharap Jadi Mitra Penyalur Kredit KPR yang Dijalankan BP Tapera

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) ingin menjadi mitra penyalur Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang dijalankan Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera).

Adapun Komisioner dan Deputi Komisioner BP Tapera telah ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Maret 2019 lalu. Eks Direktur BTN Adi Setianto terpilih sebagai Deputi BP Tapera.

“Sebagai bank yang fokus pada bisnis perumahan, ya kami ingin menjadi mitra,” ujar Direktur Utama BTN Maryono kepada kumparan, Sabtu (6/4).

Rencananya tahun ini, target penghimpunan dana peserta BP Tapera mencapai Rp 4,3 triliun, dengan penyaluran KPR sebanyak 36 ribu unit rumah.

Namun pada tahap awal, hanya PNS, anggota TNI dan Polri yang bisa mengakses kredit dari BP Tapera. Sementara pegawai swasta akan menjadi peserta BP Tapera setelahnya.

“Kami harapkan dana-dana yang di Tapera ini dimanfaatkan BTN untuk pembiayaan perumahan,” paparnya.

Adapun BP Tapera merupakan pengganti Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan Rakyat PNS (Bapertarum PNS) yang dibubarkan 2018 lalu. Nantinya instansi pemerintah maupun swasta akan membayar iuran yang dipotong dari gaji.

Untuk PNS dipatok pemotongan 3 persen, di mana 2,5 persen disetor PNS sedang 0,5 persen dibayar lembaga. Kemudian, peserta BP Tapera dapat menggunakan dananya untuk KPR atau kredit renovasi rumah.

Berbeda dengan KPR Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), tak ada batasan harga rumah yang bisa diambil, namun bunga yang dikenakan komersial dan Subsidi Bantuan Uang Muka (SBUM).

Benefit dari BP Tapera ialah iuran yang dibayarkan peserta akan berbunga seperti BPJS Ketenagakerjaan. Jika peserta tak menarik dananya untuk KPR atau renovasi, BP Tapera akan mengembalikan uang itu beserta hasil pemupukannya atau bunga pada jangka waktu yang ditentukan.

Sumber Kumparan, edit koranbumn

Check Also

Perkuat Jalinan Bisnis Perusahaan Pendukung, Elnusa Petrofin Gelar Vendor Appreciation Day

Menghadapi era VUCA saat ini Elnusa Petrofin perkuat jalinan kerjasama bisnis dengan perusahaan-perusahaan pendukungnya, melalui …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *