Home / Berita / Bulog Uji Coba 20 Gudang Modern Penyimpanan Bawang Merah di Brebes

Bulog Uji Coba 20 Gudang Modern Penyimpanan Bawang Merah di Brebes

Perum Bulog resmi melakukan uji coba 20 gudang modern di Brebes, Jawa Tengah pada Kamis (2/5). Gudang modern yang bernama Control Atmosphere Storage (CAS) ini rencananya digunakan untuk menyimpan komoditas pangan, khususnya bawang merah.

Kepala Divisi Pergudangan, Persediaan dan Angkutan Bulog Mokhamad Suyamto mengatakan dalam membangun 20 unit gudang tersebut, Bulog menggelontorkan investasi Rp 25 miliar.

“Untuk CAS investasi Rp 25 miliar di luar bangunan dan gedung. (Termasuk) pembangkit total 20 unit,” katanya saat ditemui di Gudang Modern Sub Divre Bulog di Brebes, Jawa Tengah, Kamis (2/5).

Sarana penyimpanan bawang merah tersebut memiliki luas tanah 7.830 meter persegi (m2) dan luas bangunan 3.686,81 m2, termasuk gudang jemur bawang seluas 391 m2.

CAS mampu mengurangi penyusutan atau kerusakan bawang merah lebih lama dibanding gudang konvensional. Jika menggunakan gudang modern penyusutan akan terjadi 10 persen selama 3 bulan, sementara gudang konvesional akan menyusut 10 persen dalam sehari.

“Teknologi penyimpanan dengan pendingin, pengontrol kelembapan O2, CO2, N2 dan ethylene, sehingga memperlambat penuaan,” imbuhnya.

Adapun CAS diproduksi oleh perusahaan dalam negeri PT Pura. Ke depan, Bulog akan membangun beberapa gudang modern termasuk CAS di beberapa daerah sentra pangan di Indonesia.

Hanya saja saat ini masih menunggu hasil dari percobaan CAS di Brebes.

“Rencana ke depan fokus di kawasan sentra pangan (seperti) Solok, membangun gudang CAS di Solok di sentra-sentra produksi,” katanya.

Sumber Kumparan, edit koranbumn

Check Also

Perum Perindo Aktif Ciptakan Terobosan di Keramba Jaring Apung Bali

Divisi Budidaya Perum Perindo terus menciptakan terobosan dan inovasi agar unit Keramba Jaring Apung (KJA) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *