Home / Berita / Cek di Situs Pelita PLN, Tampilkan Informasi Pemadaman Listrik

Cek di Situs Pelita PLN, Tampilkan Informasi Pemadaman Listrik

Kejadian pemadaman listrik (black out) dialami masyarakat yang berada di wilayah Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten pada Minggu (4/8/2019).

Akibatnya masyarakat tidak dapat menggunakan fasilitas lain yang terkait, seperti penerangan, komunikasi, transportasi, dan lainnya.

Layanan internet pun terkena imbas dan mengalami ganggungan. Operator seluler dan internet mengandalkan pasokan listrik dari PLN agar Base Trasnceiver Station (BTS) dapat terus beroperasi. Dengan adanya pemadaman, para operator harus mengandalkan listrik cadangan baik dari baterai atupun genset.

Pemadaman bermula pada pukul 11.45 WIB karena terdapat gangguan di Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 500 KV Ungaran-Pemalang.

Setelah berlangsung selama kurang lebih tujuh jam, PLN mengumumkan mulai memulihkan pasokan listrik secara bertahap. Untuk melihat wilayah-wilayah yang sudah nyala atau masih mati listrik untuk wilayah Jakarta dapat mengunjungi peta online Pelita.

Peta Pelita menampilkan informasi mengenai pemadaman jaringan kelistrikan di wilayah kerja PLN Distribusi Jakarta Raya dapat dilihat secara real time melalui http://pelita.plnjaya.co.id/.

Situs Pelita PLN menampilkan informasi jumlah wilayah serta jenis pemadaman yang sedang terjadi di bagian atas. PLN membagi pemadaman menjadi tiga kategori, yakni Padam Gangguan dengan label merah, Padam Pemeliharaan dengan label hijau, dan Padam Banjir dengan label biru.

Informasi jumlah wilayah yang mengalami pemadaman listrik juga ditampilkan di samping label warna masing-masing.

Sementara di peta di bawahnya, wilayah yang terdampak mati listrik juga akan diberi label warna masing-masing kategori pemadaman. PLN juga menyediakan informasi detil gangguan di kolom sebelah kanan peta untuk menjelaskan apa dan kenapa pemadaman harus dilakukan.

Saat KompasTekno mengakses situs Pelita pada Minggu pukul 21.00 WIB, masih terdapat 4.555 titik/wilayah yang belum nyala atau masih mengalami gangguan pemadaman listrik di area DKI Jakarta. Mati listrik hari ini terjadi di wilayah Jakarta dan Jawa Barat antara lain Bandung, Bekasi, Cianjur, Cimahi, Cirebon, Garut, Karawang, Purwakarta, Majalaya, Sumedang, Tasikmalaya, Depok, Gunung Putri, Sukabumi dan Bogor.

Pemadaman terjadi karena adanya gangguan pada transmisi sutet 500kv PLN di Jawa Barat, kemudian gas turbin 1 hingga 6 Suryalata mengalami trip dan gas turbin 7 mengalami off.

“Kami memohon maaf sebesar-besarnya untuk pemadaman yang terjadi. Saat ini upaya penormalan terus kami lakukan. Bahkan beberapa gardu induk sudah berhasil dinyalakan” kata Executive VP Corporate Communication & CSR PLN, I Made Suprateka.

Sumber Kompas, edit koranbumn

Check Also

INALUM Gelar Customer Gathering di Ritz Carlton Pacific Place Jakarta

INALUM kembali melaksanakan kegiatan temu ramah dengan pelanggan Aluminium (Customer Gathering) di Ritz Carlton Pacific …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *