Home / Berita / Cina Pecahkan Rekor Pembangunan Gedung Tercepat

Cina Pecahkan Rekor Pembangunan Gedung Tercepat

Berbicara tentang pembangunan konstruksi gedung bertingkat umumnya akan memerlukan waktu yang cukup lama. Namun, hal tersebut berhasil dipatahkan oleh negara Republik Rakyat Tiongkok (Cina) dengan membangun gedung tercepat, yakni sebuah hotel setinggi 30 lantai dalam waktu 15 hari atau 360 jam.

Singkat cerita, pembangunan yang dilakukan oleh perusahaan konstruksi asal negara tirai bambu ini, telah berhasil masuk rekor pembangunan gedung tercepat untuk membangun gedung selama 15 hari. Bangunan ini merupakan Ark Hotel, yang dibangun di atas luas lahan 55.778 meter persegi dan terletak di dekat Danau Dongting, Changsa, Provinsi Hunan. Gedung Ark Hotel diklaim mampu menahan goncangan gempa, bahkan hingga 9 magnitudo. Tahukah Sobat? Dalam pembangunan Ark Hotel ini termasuk “zero accident” dimana tidak melukai satupun pekerjanya, lho! Menariknya lagi, para pekerja hanya membutuhkan waktu sekitar 46 jam untuk mendirikan kerangka baja bangunan utama dan 90 jam untuk menyelesaikan kerangka sisanya.

Lalu bagaimana pembangunan bisa cepat dilaksanakan? Ternyata material gedung sudah dirangkai di dalam pabrik. Material yang telah dirangkai terdiri dari ubin, atap-atap langit, lubang saluran udara hingga saluran air sudah setengah jadi dibawa ke lokasi proyek. Kemudian, material tersebut dirangkai kembali per bagiannya dan dikencangkan dengan baut hingga saling menyambung antara satu dengan lainnya.

Sumber Adhi, edit koranbumn

Check Also

Siasati Ketergantungan PLTA, Kamboja Minati Pembangkit Listrik Apung Buatan PAL

 Kamboja tertarik pada pembangkit listrik apung buatan Indonesia untuk menyiasati ketergantungan pada pembangkit listrik tenaga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *