Home / Berita / Ciptakan Terobosan Teknologi IoT Untuk Proyek Tambak

Ciptakan Terobosan Teknologi IoT Untuk Proyek Tambak

Perum Perindo Divisi Budidaya dan Pakan menciptakan inovasi berupa Internet of Things (IoT) di salah satu tambak udang perusahaan di Bengkayang, Kalimantan Barat. Terobosan ini memungkinkan pengambil kebijakan untuk mengelola, memonitor dan memelihara tambaknya melalui sistem IoT.

Sebagai informasi, IoT merupakan sebuah konsep di mana konektivitas internet dapat bertukar informasi satu sama lainnya dengan benda-benda yang ada di sekelilingnya. IoT digadang-gadang sebagai “The Next Big Thing” di dunia informasi teknologi.

Divisi Budidaya dan Pakan menjelaskan saat ini IoT telah diimplementasikan di site tambak Bengkayang. Aplikasi ini menjelaskan tentang kondisi salinitas, amonia, suhu, kadar keasaman (PH) hingga kadar oksigen terlarut dalam air atau Disolve Oxygen (DO) di tambak. Ke depannya, sistem IoT ini akan diimplementasikan di seluruh tambak Perum Perindo.

Adapun tambak Perum Perindo lainnya berlokasi di Aceh Barat Daya, Karawang, Kendal, Comal, Pekalongan, Barru.

Terobosan IoT tidak berhenti sampai di sini. Sistem ini nantinya akan dilengkapi dengan alert mitigation atau siaga bencana. Dengan begitu, apabila kondisi air ada pada keadaan tertentu, maka muncul pertanda di dashboard berupa rujukan atas tindakan yang harus dilakukan oleh teknisi Perum Perindo.

Data yang ditarik dijadikan variable untuk tindakan yang harus dilakukan oleh teknisi. Data tersebut akan muncul di tampilan dashboard. Sejalan dengan hal itu, lokasi tambak akan mendapatkan reminder dari alat ini terkait tindakan yang harus segera dikerjakan.

Semakin banyak data yang bisa dikumpulkan, maka kekayaan akan keilmuan budidaya bisa terserap sehingga Perum Perindo mampu melakukan knowledge management dengan baik.

Dengan hal ini, siapapun vice president, manager hingga teknisinya di Unit Budidaya dan Pakan, akan tetap bisa mengelola tambaknya dengan baik.

Sumber Perum Perindo, edit koranbumn

Check Also

RUPS Waskita Karya Realty

PT Waskita Karya Realty yang menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Buku Tahun 2018 pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *