Home / Berita / Citilink Telah Selesaikan Uji Terbang di Bandara Internasional Yogyakarta

Citilink Telah Selesaikan Uji Terbang di Bandara Internasional Yogyakarta

Citilink Indonesia, maskapai berbiaya rendah (low cost carrier/LCC), telah menyelesaikan uji coba terbang (proving flight) di Bandara Internasional Yogyakarta.

Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo mengatakan proving flightdilakukan menggunakan rute Bandara Soekarno-Hatta menuju YIA pulang pergi. Hal ini dilakukan sebagai persiapan maskapai dalam melayani penerbangan komersial perdana dengan rute Jakarta via Bandara Halim Perdanakusuma menuju YIA pada 6 Mei 2019.

“Iya, alhamdulillah kami sudah melakukan proving flight hari ini dan berjalan lancar,” kata Juliandra saat dikonfirmasi Bisnis, Kamis (2/5/2019).

Dia menambahkan, uji coba terbang tersebut menggunakan satu unit pesawat jenis Airbus A320 tanpa diisi oleh penumpang. Adapun, pesawat uji coba tersebut mendarat di YIA pukul 12.10 waktu setempat.

YIA diklaim sudah dapat dioperasikan secara legal menyusul penerbitan Sertifikat Bandar Udara Bandara Internasional Yogyakarta No. 149/SBU-DBU/IV/2019 oleh Direktorat Jenderal Bandar Udara (DJBU) Kementerian Perhubungan sejak 26 April 2019.

Sebelumnya, peresmian dan pengoperasian bandara tersebut, yang direncakan pada 29 April 2019, sempat ditunda.

Target peresmian dan pengoperasian YIA tersebut, merujuk pada Peraturan Presiden (Perpres) No. 98/2017 tentang Percepatan Pembangunan dan Pengoperasian Bandara Baru di Kabupaten Kulonprogo Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sumber Bisnis, edit koranbumn

Check Also

Pelindo Sambut Hangat Tamu Negara Peserta ASEAN Port Association Meet 2019 di Yogyakarta ⁣

Total seribu atlet dan kontingen dari sembilan negara Asia Tenggara yang tergabung dalam ASEAN Ports …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *