Home / Berita / Daily Economic Review: Ekspor Sektor Industri Otomotif Indonesia Terus Meningkat

Daily Economic Review: Ekspor Sektor Industri Otomotif Indonesia Terus Meningkat

Kinerja ekspor industri otomotif Indonesia selalu menunjukkan angka positif.

Hal ini terlihat dari ekspor kendaraan bermotor Indonesia di tahun 2018 yang mencapai USD 6,84 milliar atau naik 1,5 kali lipat sejak 2013.

Importir terbesar kendaraan bermotor dari Indonesia adalah Filipina yaitu 26%, kemudian Thailand 14% dan Jepang sebesar 8%.

Top 10 importir kendaraan dari Indonesia, setelah Filipina, Thailand, Jepang adalah Saudi Arabia, Viet Nam, Malaysia, Meksiko, Singapura, Pakistan dan AS. Filipina mengimpor kendaraan dari Indonesia sebesar lebih dari USD 1,7 juta.

Export Similarities Index (ESI) di sektor industri otomotif antara Indonesia dan Thailand meningkat berturut-turut sejak tahun 2014 hingga 2017 sebesar 25,9%, 28,6%, 31,9% dan 33,5%.

Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia dan Thailand sangat bersaing dalam pasar industri otomotif global. Selain itu ekspor kendaraan bermotor Indonesia yang meningkat dari tahun ke tahun dapat mengancam posisi dominan Thailand sebagai produsen mobil terbesar di ASEAN.

Indonesia masih memiliki ruang untuk tumbuh pada industri otomotif yang cukup besar.

Hal ini ditunjukkan dengan rasio kepemilikan kendaraan terutama mobil per kapita masih relatif rendah, dimana kurang dari 4% dari penduduk yang memiliki mobil dan diharapkan akan terus meningkat. Penjualan mobil di Indonesia hingga 2018 mencapai 1,15 juta unit atau tumbuh 6,9%, lebih tinggi dari pertumbuhan 2017 yang sebesar 1,4%. (AA)

Sumber Bank Mandiri, edit koranbumn

Check Also

Kementerian BUMN Buka Sejumlah Keluhan Karyawan Garuda

Kasus penyelundupan motor Harley Davidson bekas dan sepeda Brompton dalam pesawat baru Airbus A330-900 yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *