Home / Berita / Dampak Padam Listrik Sebagian Pulau Jawa, PLN Hitung Ganti Rugi Sesuai Ketentuan ke Pelanggan

Dampak Padam Listrik Sebagian Pulau Jawa, PLN Hitung Ganti Rugi Sesuai Ketentuan ke Pelanggan

Pemadaman listrik terjadi serentak di sebagian besar pulau Jawa sejak siang ini. Tepatnya wilayah Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

Listrik padam sejak sekitar pukul 12 siang tadi, dan perlahan mulai pulih di beberapa wilayah mulai pukul 6 petang. Akibat pemadaman ini bisa berdampak pada para pelaku usaha, lantas apakah PLN akan mengganti rugi kepada mereka?

Direktur Pengadaan Strategis 2 PT PLN (Persero) Djoko Abumanan mengatakan soal kompensasi kepada pelanggan akan mengikuti aturan yang berlaku, PLN tidak bisa serta merta mengatakan dan menyanggupi pengucuran kompensasi tersebut.

Pertama, perlu adanya laporan deklarasi merugi terlebih dulu. “Nanti by sistem, karena tiap daerah beda beda. Declare tiga bulan ke depan.Jadi sebulan ini berapa yang dideklarasi,” ujarnya, Minggu (4/8/2019).

Pemberian kompensasi sendiri diatur oleh Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 27 Tahun 2017.di mana tertera soal pengurangan tagihan listrik TMP (Tingkat Mutu Pelayanan) atau kompensasi kepada konsumen yang dirugikan ketika ada pemadaman. Terutama untuk pelanggan non subsidi, yang menurut Djoko, terdapat 35%.

“TMP nanti kita hitung, memang ada Permen bahwa kewajiban PLN apabila nanti dihitung TMP-nya lebih dari standar yang ada, kita akan berikan kompensasinya karena memang diatur dalam aturan pemerintah.”

Sumber CNBC, edit koranbumn

 

Check Also

INALUM Gelar Customer Gathering di Ritz Carlton Pacific Place Jakarta

INALUM kembali melaksanakan kegiatan temu ramah dengan pelanggan Aluminium (Customer Gathering) di Ritz Carlton Pacific …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *