Home / Berita / Di Fasilitasi Jasa Raharja Bersama Danareksa & SIER, Siswa Kalsel Belajar ke Sumbar Lewat Program SMN 2019

Di Fasilitasi Jasa Raharja Bersama Danareksa & SIER, Siswa Kalsel Belajar ke Sumbar Lewat Program SMN 2019

Memperingati Hari Ulang Tahun Ke-74 Republik Indonesia (RI), Program Badan Usaha Milik Negeri (BUMN) Hadir Untuk Negeri (BHUN) Tahun 2019 menyelenggarakan Acara Siswa Mengenal Nusantara (SMN) di Provinsi Kalsel.

Pada usia kemerdekaan yang ke-74 ini, Indonesia menghadapi berbagai macam tantangan, diantaranya dalam hal pengembangan potensi sumber daya manusia, khususnya generasi millennial dan generasi Z untuk menuju Indonesia yang lebih maju.

Selaras dengan visi ulang tahun kemerdekaan ke-74 ini, yaitu “SDM Unggul, Indonesia Maju” maka dalam rangkaian acara BHUN tersebut, dilaksanakan acara Siswa Mengenal Nusantara (SMN).

Pada kegiatan kali ini PT Jasa Raharja (Persero) mendapat amanah untuk menjadi penanggung jawab kegiatan (PIC), bersinergi dengan PT Danareksa (Persero) dan PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (Persero) sebagai Co PIC.

Kegiatan BHUN 2019 mengambil tema “Bersama Membangun di Negeri Banua”. Ada pun bertindak sebagai pendamping Kegiatan BUHN Tahun 2019 di Provinsi Kalsel adalah Ibu Indriani Widiastuti selaku Asisten Deputi Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan II dari Kementrian BUMN.

“Kegiatan ini sendiri merupakan kegiatan pertukaran pelajar antar daerah dengan tujuan agar para siswa dapat mengenal keanekaragaman budaya, kekayaan alam, potensi daerah dan kewirausahaan di provinsi tujuan,” ungkap Direktur Keuangan Jasa Raharja Myland, Jumat (16/8/2019) di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, di sela pelapasan dan penyambutan para peserta SMN Tahun 2019 di Provinsi Kalsel.

Adapun peserta SMN dari Kalsel ini diikuti oleh 23 pelajar tingkat SMA/SMK/SLB termasuk 3 siswa disabilitas, 2 guru teladan, 1 orang diknas provinsi Kalsel dan pendamping yang akan berangkat menuju Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) sekaligus menyambut SMN Provinsi dari Sumbar.

“Kami berpesan untuk para peserta SMN agar dapat mengambil kesempatan ini untuk belajar dan menambah pengalaman dan wawasan baru di provinsi tujuan.”

Hal ini, lanjutnya, penting agar nantinya pengalaman dan wawasan baru yang diperoleh dapat diaplikasikan untuk memberi nilai tambah di Provinsi Kalsel dan sebaliknya.

Kedepannya akan masih ada beberapa rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri di Provinsi Kalsel, antara lain Upacara Peringatan HUT ke 74 Republik Indonesia, penyerahan Bantuan Bina Lingkungan (BL) di beberapa wilayah Kalsel dan acara Jalan Sehat 5 kilometer dengan beragam kegiatan didalamnya, seperti pengobatan gratis, zumba dance, lomba, kuliner gratis dan pameran produk mitra binaan BUMN.

“Sedangkan untuk kegiatan SMN direncanakan berakhir pada 24 Agustus 2019 mendatang dengan kembalinya peserta SMN dari Kalsel dan Sumbar ke daerah masing-masing,” tambahnya.

Sementara itu Asisten III Bidang Administrasi Umum Setdaprov Kalsel Heriansyah berharap para, peserta SMN dari Provinsi Kalsel yang berangkat ke Provinsi Sumbar bisa menimba ilmu dan pengalaman yang sebanyak-banyaknya untuk bekal mereka di masa depan dalam membangun Banua.

Ia pun tidak lupa mengingatkan, agar selama program SMN berlangsung di Provinsi Sumbar berlangsung, peserta asal Provinsi Kalsel bisa senantiasa menjaga kesehatan dan sikap yang baik kepada masyarakat sekitar.

“Bagi peserta SMN yang datang ke Provinsi Kalsel, rencananya akan kita tempatkan di Kampung Pejabat yang ada di Kota Banjarbaru. Nanti mereka bisa melihat bagaimana kampung disana membuat jamu dan ramuan kesehatan lainnya bagi masyarakat sekitar dan para tueis yang datang,” tukasnya.

Sumber Bisnis, edit koranbumn

Check Also

LMAN Bayar Dana Pembebasan Lahan Tol Semarang – Demak Sebesar Rp66 Miliar

Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) melakukan pembayaran sebesar Rp66 miliar untuk pembebasan lahan pembangunan jalan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *