Home / Berita / Di Tahun 2022, Pergerakan Penumpang Bandara Soekarno Hatta Mencapai 80 Juta Penumpang.

Di Tahun 2022, Pergerakan Penumpang Bandara Soekarno Hatta Mencapai 80 Juta Penumpang.

Menteri Badan Usaha Milik Negara, Rini Sumarno, memprediksi daya tampung Bandara Soekarno Hatta di 2022 mencapai 75 juta sampai 80 juta penumpang. Hal itu menyusul adanya revitalisasi pada Terminal 1 dan 2.

Saat ini, Bandara Soetta melayani 67 juta penumpang, melebihi kapasitas normal yakni 43 juta penumpang.

“Revitalisasi ini dilakukan untuk menampung pergerakan penumpang, karena prediksi kita, di tahun 2022 akan meningkat sekitar 80 juta. Angka itu sudah ditambah dengan prediksi kita jika revitalisasi itu selesai, di mana pergerakan penumpangnya mencapai 18 juta,” katanya di Bandara Soekarno Hatta Tangerang, Jumat, 5 April 2019.

Namun, revitalisasi tersebut pun masih dirasa kurang oleh pihaknya, mengingat pada tahun 2024, pengguna transportasi udara tersebut akan terus meningkat. Maka dari itu, pihaknya terus melakukan berbagai pembangunan untuk menampung pergerakan penumpang. Salah satunya dengan pembangunan Terminal 4.

“Tahun 2024 semua prediksi penambahan penumpang itu akan tertampung secara maksimal, ketika Terminal 4 akan dikerjakan,” ujarnya.

Pada seluruh pembangunan Bandara Soekarno Hatta di tahun 2019 mencapai Rp9 triliun dan pembangunan tersebut dilakukan oleh perusahaan BUMN.

Skytrain bandara

Selain itu, Rini juga meminta agar PT Len Industri segera melakukan kajian terkait dengan operasional kereta antarterminal yakni skytrain atau kereta layang yang berada di Bandara Soekarno Hatta Tangerang.

Hal itu lantaran, hingga saat ini, kereta yang diresmikan pada September 2017 lalu itu belum beroperasi secara otomatis dan masih dikendalikan oleh masinis.

“Tadi saya sudah lihat bagaimana kontrol sistem dari kereta antarterminal atau skytrain sekarang sudah mulai dites, karena saya minta ke PT Len selaku perusahaan pembangun tidak pakai driver soalnya sekarang masih pakai driver,” katanya.

Kereta tersebut pun memiliki teknologi Automated Power Mover System (APMS) dengan kapasitas 170 penumpang dalam satu rangkaian kereta yang terdiri dari dua gerbong. Kereta yang disebut sebagai movement people ini pun mempunyai rute Terminal 1, 2, 3 serta stasiun Bandara Soekarno Hatta.

Sumber Viva.co.id, edit koranbumn

 

Check Also

Perkuat Jalinan Bisnis Perusahaan Pendukung, Elnusa Petrofin Gelar Vendor Appreciation Day

Menghadapi era VUCA saat ini Elnusa Petrofin perkuat jalinan kerjasama bisnis dengan perusahaan-perusahaan pendukungnya, melalui …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *