Home / Berita / Dian Rachmawan sebagai Nakhoda Baru Pelindo 1

Dian Rachmawan sebagai Nakhoda Baru Pelindo 1

Kementerian Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia (BUMN RI) selaku pemegang saham PT Pelabuhan Indonesia 1 (persero) mengangkat Dian Rachmawan menjadi Direktur Utama Pelindo 1. Keputusan tersebut disampaikan dalam Surat Keputusan (SK) Nomor. SK/122/MBU/05/2019 tentang pengangkatan Direktur Utama Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pelabuhan Indonesia 1 pada Rabu 29 Mei 2019.

Sehari sebelumnya, Kementerian BUMN telah menyerahkan Surat Keputusan (SK) Nomor. 105/MBU/05/2019 tanggal 28 Mei 2019 tentang pemberhentian dan pengangkatan anggota-anggota Direksi Perseroan (persero) PT Pelabuhan Indonesia 1 (Persero). Melalui SK tersebut, Menteri BUMN, Rini Soemarno mengukuhkan tuntasnya masa tugas Direktur Utama Pelindo 1 periode sebelumnya Bambang Eka Cahyana yang telah menjabat sebagai Dirut sejak 2013. Melalui SK yang sama, Kementerian BUMN juga mengangkat kembali Direktur SDM Pelindo 1, M. Hamied Wijaya yang masa tugas sebelumnya juga telah selesai.

Dian Rachmawan sebagai nakhoda baru Pelindo 1 sebelumnya merupakan Direktur Enterprise Business Service PT Telkom sejak tahun 2017 dan pernah menjadi Direktur Consumer Service Telkom sejak tahun 2014 – 2017. Dian juga mempunyai pengalaman di dunia bisnis internasional, sebagai CEO Telkom International Hong Kong (Ltd) pada 2011. Pria kelahiran Surabaya Insinyur Teknik Elektro lulusan ITS Surabaya ini kemudian menamatkan pasca sarjananya / M.Sc di Communication and Real Time System, Telecommunications Engineering dari University of Bradford, UK pada tahun 1994.

Dengan pengangkatan Dian Rachmawan menjadi Direktur Utama Pelindo 1, susunan Dewan Komisaris dan jajaran direksi di Pelindo 1 saat ini adalah sebagai berikut:

Dewan Komisaris
1. Refly Harun (Komisaris Utama)
2. Heryadi (Komisaris)
3. Lukita Dinarsyah Tuwo (Komisaris)
4. Bambang Setyo Wahyudi (Komisaris)
5. Winata Supriyatna (Komisaris)

Jajaran Direksi
1. Dian Rachmawan (Direktur Utama)
2. Syahputera Sembiring (Direktur Operasi dan Komersial)
3. M. Hamied Wijaya (Direktur SDM)
4. Hosadi Apriza Putra (Direktur Teknik)
5. M. Nur Sodiq (Direktur Keuangan)
6. Ihsanuddin Usman (Direktur Transformasi & Pengembangan Bisnis)

Tentang PT Pelabuhan Indonesia I (Persero)

(BUMN) yang mengelola jasa kepelabuhanan di Indonesia bagian barat. Pelindo 1 berkantor pusat di Medan dan memiliki wilayah operasi di 4 provinsi yang meliputi Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau daratan dan Riau Kepulauan, serta mengelola 17 cabang pelabuhan, 11 kawasan pelabuhan/ perwakilan serta 6 (enam) Anak Perusahaan, yaitu PT Terminal Petikemas Indonesia (TPI), PT Prima Terminal Petikemas (PTP), PT Prima Multi Terminal (PMT), PT Prima Indonesia Logistik (PIL), PT Prima Pengembangan Kawasan (PPK), dan PT Prima Husada Cipta Medan (PHCM).

Pelayanan Pelindo 1 meliputi pelayanan kapal, pelayanan barang, pelayanan penumpang dan jasa kepelabuhanan lainnya. Pelindo I mempunyai lokasi strategis di Selat Malaka, yang merupakan selat tersibuk dalam lalu lintas perdagangan dunia dan saat ini sedang mengembangkan pelabuhan Kuala Tanjung sebagai pelabuhan Hub Port Indonesia bagian barat, serta mempunyai pintu utama eksport CPO ke seluruh dunia, yaitu melalui pelabuhan Belawan dan Dumai.

Saat ini Pelindo 1 dalam upaya meningkatkan produktivitas pelayanan secara terus menerus, telah melakukan inovasi dengan menambahkan peralatan dan perpanjangan fasilitas dermaga sehingga untuk meningkatkan produktivitas yang lebih efektif dan efisien. Pengembangan secara kontinu ini juga untuk mendukung suksesnya program pemerintah dalam percepatan pembangunan nasional dan mendukung kebijakan Pemerintah terutama dalam program tol laut untuk memperkuat konektivitas nasional dan menciptakan biaya logistik nasional secara efisien dan efektif serta meningkatkan daya saing nasional.

Pelindo 1, Indonesia Gateway

Check Also

Menteri Erick Thohir Gelar Sertijab di Kantor Kementerian BUMN

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kabinet Indonesia Maju Erick Thohir tiba di Kementerian BUMN …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *