Home / Berita / Direksi RNI Hadir Rakor Kedeputian Bidang Usaha Industri Agro dan Farmasi Kementerian BUMN Tahun 2019

Direksi RNI Hadir Rakor Kedeputian Bidang Usaha Industri Agro dan Farmasi Kementerian BUMN Tahun 2019

Direktur Pengendalian Usaha PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) Agung P. Murdanoto bersama Direktur SDM dan Umum RNI J. Nanang Marjianto hadir dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Kedeputian Bidang Usaha Industri Agro dan Farmasi (BUIAF) Kementerian BUMN Tahun 2019, Jumat, 20 September 2019, di Surabaya. Rakor yang mengangkat tema “Akselerasi Daya Saing Melalui Inovasi dan Penguatan Kualitas SDM” tersebut dihadiri oleh Deputi BUIAF Wahyu Kuncoro, Asisten Deputi BUIAF, para Direksi BUMN yang berada di bawah kedeputian BUIAF, serta Konsultan PricewaterhouseCoopers (PWC) Indonesia Lenita Tobing.

Dalam paparannya saat membuka acara, Wahyu menyampaikan gambaran umum kinerja BUMN yang berada di Kedeputian Industri Anggro dan Farmasi (IAF). Pada Tahun 2018, IAF mencatatkan laba bersih sebesar Rp10 Trilun. Terkait kinerja kedepan, ia mendorong agar BUMN IAF dapat mengoptimalkan seluruh sumber daya untuk meningkatkan kemampulabaan perseroan.

Lebih lanjut, Wahyu membahas mengenai Visi Indonesia Negara Maju pada tahun 2045, dimana pada fase awal pengimplementasiannya di tahun 2020-2030, Pemerintah didorong untuk merespon tantangan demografi melalui reformasi di segala bidang yang harus dapat dimanfaatkan secara optimal untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, baik melalui konsumsi, investasi, dan produksi serta penguatan daya saing.

Ia menekankan guna mengakselerasi daya saing BUMN harus mengikuti perubahan sistem global di era industri 4.0 dengan meningkatkan keunggulan kompetitif dan keunggulan komparatifnya.

Sementara itu, Lenita melalui paparan yang berjudul “Outlook Perekonomian secara Sektoral Tahun 2020” melakukan pemetaan ancaman ekternal dan internal yang menghambat pertumbuhan ekonomi di kawasan ASEAN. Ia kemudian menyampaikan apa saja aksi konkrit yang bisa dilakukan di masing-masing sektor guna berkontribusi dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi khususnya di kawasan ASEAN.

Paparan berikutnya disampaikan oleh Direktur Human Capital PT BRI (Persero) Tbk Herdy Harman membahas mengenai Peluang dan Tantangan Pengembangan SDM Tahun 2020-2024.

Diharapkan melalui kegiatan ini, BUMN yang berda di bawah Kedeputian BUIAF dapat terus melakukan inovasi, profesional, adaptif sehingga tidak tergerus oleh distrup sipasar dan teknologi global, dan tak henti melakukan penguatan SDM dengan memperhatikan organizational knowledge, vokasi dan inovasi.

Sumber RNI, edit koranbumn

 

Check Also

Dirut Edy Setijono Memberi Arahan kepada 22 Mitra Usaha PKBL TWC

Direkrut Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) Edy Setijono memberi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *