Home / Berita / Dirut BNI: SMN Perkuat Persatuan dan Kesatuan

Dirut BNI: SMN Perkuat Persatuan dan Kesatuan

Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (BNI), Achmad Baiquni menyatakan program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) BUMN Hadir Untuk Negeri dapat memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

“Tujuan dari program ini adalah siswa mengenal saudara-saudaranya yang ada di nusantara, baik yang berada ujung barat Indonesia maupun ujung timur Indonesia serta wilayah lainnya di seluruh Tanah Air,” katanya usai menjadi inspektur upacara peringatan ke-73 Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di Banda Aceh, Jumat.

Dalam memperingati Hut Ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia BNI menggelar upacara pengibaran bendera merah putih di halaman Kantor BNI Cabang Banda Aceh dengan turut serta perserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) BUMN Hadir Untuk Negeri yang berasal dari Papua.

Ia menjelaskan, melalui program tersebut juga dapat mempertemukan peserta dari seluruh penjuru Tanah Air baik dari ujung barat ke ujung timur dan ujung timur ke barat serta dari ujung selatan ke utara.

“Kita terus berupaya kegiatan SMN ini akan digelar secara berkelanjutan sebab melalui program ini semua dapat mengenal adat dan budaya saudara-saudara yang ada di provinsi lainnya yang ada di Indonesia,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Direktur Utama PT Surveyor Indonesia, Dian M Noer yang menyatakan dalam program SMN BUMN Hadir Untuk Negeri di Aceh, peserta yang berasal dari Aceh berangkat ke Papua dan dari Papua ke Aceh.

“Semua peserta tinggal di rumah masyarakat dalam rangka belajar budaya dan adat istiadat serta mengenal alam yang ada di daerah yang menjadi tujuan dari program SMN,” katanya.

Menurut dia, dengan beradaptasi langsung dengan masyarakat para peserta dapat mengenal dengan baik terhadap adat, budaya yang ada di masyarakat sehingga dengan program tersebut akan memperkaya wawasan setiap individu terhadap keberagaman yang ada di Tanah Air.

“Kita juga akan berupaya program ini akan terus berlanjut karena menjadi salah satu wahana dalam menyadarkan generai muda khususnya akan keberagaman yang ada di setiap wilayah,” katanya.

Usai melaksanakan upacara peringatan Hut ke-73 Kemerdekaan RI, para peserta, Dirut BNI, Dirut Surveyor Indonesia serta tamu undangan juga larut dalam alunan lagu yang dipersembahkan oleh peserta SMN BUMN Hadir untuk negeri dari Provinsi Papua. Dalam kegiatan tersebut turut hadir Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN, Hambra.

Selama berada di Provinsi Aceh, sebanyak 35 peserta SMN BUMN Hadir Untuk Negeri yang berasal dari Papua telah mengikuti serangkaian kegiatan di provinsi ujung paling barat Indonesia itu, diantaranya kegiatan bela negara, mengunjungi museum Aceh, museum tsunami, PLTD Apung, Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.

Selanjutnya Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-7, belajar tarian dan kue tradisional Aceh di Gampong Wisata Nusa Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar dan peserta dari ujung timur Indonesia itu berkesempatan mengunjungi titik nol Indonesia bagian barat yakni Nol Kilometer, Sabang.

Bank Negara Indonesia (BNI) dan PT. Surveyor Indonesia ?(Persero) sebelumnya juga telah memberangkatkan sebanyak 26 siswa-siswi dari 23 kabupaten/kota se-Aceh untuk mengikuti rangkaian kegiatan SMN di Papua.

Sumber Situs Web PTSI

Check Also

Pujasera di Rest Area Jagorawi Kompak Beralih Gunakan Tabung LPG Pink

Pertamina targetkan 65 tabung LPG (Liquefied Petroleoum Gas) Bright Gas akan digunakan oleh pengusaha kuliner …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *