Home / Berita / Dirut Edi Sukmoro Catat Peningkatan Penumpang Kereta dari Jakarta pada H-1 Lebaran

Dirut Edi Sukmoro Catat Peningkatan Penumpang Kereta dari Jakarta pada H-1 Lebaran

Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro mencatat masih terjadi peningkatan jumlah penumpang kereta dari Jakarta pada H-1 Lebaran. Peningkatan terpantau di stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen.

Stasiun Gambir mengangkut sekitar 22.000 penumpang pada H-1. Angka ini lebih tinggi dari rata-rata penumpang di hari normal di kisaran 8.000 hingga 10.000 penumpang.

“Senen (Stasiun Pasar Senen) 27.000 karena hari biasa 13.000. Arus mudik masih tinggi Pak Menteri. Kumulatif (dari H-7 hingga H-1) untuk daop 1 ini 690.000,” kata dia dalam teleconference dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Selasa (4/6).

Angka keberangkatan diprediksi akan mulai mengalami penurunan pada hari Lebaran besok.

“Keberangkatan ini, tiga hari ini mulai besok akan menurun di Gambir besok akan turun. Besok menurun, kita harap tetap bisa waspada utama untuk DAOP 1 dan 2,” jelas dia.

“(Arus balik?) Sampai saat ini Senen dan Gambir, 80 persen dari berangkat, tetapi kami terus amati dan secara harian dilaporkan,” imbuhnya.

Sementara dalam konferensi pers, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan salah satu upaya yang dilakukan untuk memastikan keselamatan adalah perhatian pada perlintasan sebidang.

“Ada bahaya di lintasan sebidang. Ada dua macam ada resmi PT KAI, ada yang tidak resmi,” ungkap dia.

Dia berharap agar pengaturan di perlintasan sebidang juga menjadi perhatian dari pihak Pemerintah Daerah. Dengan demikian, keselamatan transportasi, terutama saat periode mudik dapat terjaga.

“Kami minta bantuan, untuk menyampaikan kepada Gubernur, Walikota, Bupati untuk membantu lintasan sebidang itu agar tidak terjadi masalah. Demi menjaga safety yang kita inginkan,” tegas Budi Karya

Sumber Merdeka, edit koranbumn

Check Also

Pekerjaan Saluran Air Tembus Headrace Tunnel, Konstruksi Proyek PLTA Jatigede Capai 70 Persen

Pekerjaan top heading excavation atau penggalian saluran air di Headrace Tunnel PLTA Jatigede 2×55 MW sepanjang 2.218,73 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *