Home / Berita / Dirut Honesti Basyir Yakini Holding BUMN Farmasi akan Dongkrak Pangsa Pasar

Dirut Honesti Basyir Yakini Holding BUMN Farmasi akan Dongkrak Pangsa Pasar

Manajemen PT Kimia Farma (Persero) Tbk meyakini dengan bergabungnya perseroan di Holding BUMN Farmasi akan dapat mendongkrak pangsa pasar perusahaan pelat merah dalam industri tersebut.

Direktur Utama Kimia Farma Honesti Basyir memproyeksikan pihaknya akan memimpin dua BUMN lainnya dalam induk perusahaan tersebut dari segi pangsa pasar (market share).

“Kami berharap kalau holding ini terbentuk, setidak-tidaknya dari sisi market share kami nomor satu. Kami perbaiki dengan sinergi dan efisiensi sehingga BUMN Holding Farmasi ini bisa nomor satu secara market share di industri farmasi Indonesia,” katanya di Jakarta, Selasa (7/5/2019).

Holding BUMN Farmasi akan dipimpin oleh PT Bio Farma (Persero) dengan PT Kimia Farma (Persero) Tbk (KAEF) dan PT Indofarma Tbk sebagai anggotanya, ditambah PT Phapros yang baru saja diakuisisi Kimia Farma.

Menurut Honesti, Kimia Farma memiliki lini bisnis yang kuat mulai dari produksi hingga distribusi sehingga disebutnya paling siap dalam pembentukan induk perusahaan.

Perseroan juga mengklaim berada di posisi keempat dalam industri farmasi Indonesia dengan pangsa pasar tertinggi. Ditambah lagi dengan akuisisi Phapros pada Maret lalu yang diyakini akan meningkatkan pangsa pasar perseroan.

Namun, sebagai perusahaan publik, posisi Kimia Farma dinilai akan sulit sehingga pemerintah memutuskan untuk menjadikan Bio Farma yang 100% dimiliki pemerintah sebagai induk holding.

“Sekarang yang paling bagus market share kan, Kimia Farma, kami nomor empat sekarang. Bio Farma susah, karena dia monopoli vaksin saja. Sementara Indofarma jauh di bawah,” katanya.

Honesti menambahkan, proses kajian untuk pembentukan induk perusahaan farmasi telah rampung. Saat ini proses yang berlangsung adalah penyusunan pengurusan peraturan pemerintah (PP) mengenai induk perusahaan farmasi.

“Bolanya ada di pemerintah untuk pengeluaran PP. Semester I-2019 bisa dibentuk holding-nya, kemungkinan Juni,” pungkasnya.

Sumber Bisnis, edit koranbumn

Check Also

Susunan Direksi Baru Bio Farma

Bio Farma perkenalkan susunan direksi baru pada tanggal 16 September 2019, berdasarkan Keputusan Menteri BUMN …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *